Jokowi Sodorkan Idham Aziz Jadi Kapolri

Editor: Redaksi / Reporter: REPUBLIKA.co.id

Idham Aziz saat menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya (Foto: Republika/Iman Firmansyah)

jatimnow.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan nama Kabareskrim Komjen Pol Idham Aziz sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian. Ia menyebut, surat pengajuan tersebut telah disampaikan kepada DPR hari ini, Rabu (23/10/2019).

"Pengganti Kapolri, sudah kami ajukan hari ini ke DPR Pak Idham Aziz," jelas Jokowi usai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden Jokowi juga mengaku hanya mengajukan satu nama calon pengganti Tito Karnavian. Mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian sendiri telah diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri periode 2019-2024. Sementara itu, tugas Kapolri saat ini dijalankan oleh Wakapolri Komjen Ari Dono.

Sementara, DPR RI menyatakan telah menerima surat Presiden (Surpres) terkait jabatan Kapolri yang ditinggalkan Jenderal Tito Karnavian. Komjen Pol Idham Aziz tertera sebagai pengganti Tito dalam surat tersebut.

"Masuk ke DPR dan setelah Komisi III terbentuk akan di-fit and proper test. Iya benar, Pak Idham Aziz," kata Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad saat dikonfirmasi.

Dasco menjelaskan, sebelum dilantik sebagai Kapolri baru, Idham akan menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III (Hukum) DPR RI. Idham rencananya akan diuji pekan depan.

"Ya nunggu Komisi III, disepakati dulu. Kan Komisi III baru minggu depan, setelah itu ya langsung kita adakan fit and proper test," terang Dasco.

Terpisah, Idham mengaku siap menjalankan amanah tersebut dan meminta doa restu karena akan dilakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan uji kepatutan.

"Saya tentunya siap menjalankan amanah ini, bismillahi tawakaltu. Saya mohon doa restu karena pada mungkin minggu depan akan dilakukan fit and proper test," ungkap Idham di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Idham juga mengatakan tengah menyiapkan diri untuk mengemban tugas menjadi orang nomor satu di lembaga kepolisian.

"Saya saat ini sedang menyiapkan diri dan prinsipnya saya siapkan (diri)," tutur dia.

Sebelum menjadi Kabareskrim, Idham sempat dipercaya memimpin Polda Metro Jaya.

 

Artikel ini telah tayang di REPUBLIKA.co.id dengan judul  Jokowi Ajukan Idham Aziz Jadi Kapolri dan DPR Terima Surpres Idham Aziz Calon Kapolri serta Jadi Kandidat Kapolri, Idham: Mohon Doa Restu


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter