jatimnow.com
Kemeriahan Festival Kesenian Pesisir Utara 2019 di Sampang

Festival Kesenian Pesisir Utara 2019 di Sampang, berlangsung meriah (Foto-foto: Jajeli Rois/jatimnow.com)

jatimnow.com - Ribuan warga di Kabupaten Sampang menyaksikan pembukaan Festival Kesenian Pesisir Utara atau FKPU Tahun 2019, di Lapangan Wijaya Kusuma, Kabupaten Sampang, Kamis (31/10/2019) malam.

Masyarakat mulai dari anak kecil hingga orang dewasa ikut menyaksikan pembukaan FKPU tersebut. Berbagai penampilan disuguhkan malam hari itu, di antaranya tari dari Sampang, kesenian hadra banjari dari Kabupaten Gresik hingga peragaan busana batik khas masing-masing daerah pesisir utara.

"Kami bersyukur banyak masyarakat yang hadir menyaksikan Festival Kesenian Pesisir Utara Tahun 2019. Ada sekitar 3.500 orang yang ikut di festival ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto di sela acara pembukaan FKPU 2019 di Sampang.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Festival Kesenian Pesisir Utara 2019 di SampangFestival Kesenian Pesisir Utara 2019 di Sampang

Festival Kesenian Pesisir Utara ini berlangsung selama tiga hari mulai dari 31 Oktober hingga 2 November 2019. Masyarakat akan disuguhi berbagai kesenian, pawai budaya, kerajinan seni ekonomi kreatif hingga kuliner dari masing-masing daerah di wilayah pesisir utara.

Ada 14 daerah yang masuk wilayah pesisir utara yaitu, Kabupaten Sampang, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep dan Kota Surabaya.

Kemeriahan Festival Kesenian Pesisir Utara 2019 di SampangKemeriahan Festival Kesenian Pesisir Utara 2019 di Sampang

FKPU Tahun 2019 ini kerjasama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan yang bertindak sebagai tuan rumah Kabupaten Sampang.

FKPU ke XIII yang bertema Dewi Cemara atau Desa Wisata Cerdas Mandiri dan Sejahtera ini untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni budaya daerah, kearifan lokal di wilayah pesisir pantai utara serta mengembangkan ekonomi kreatif berbasis seni budaya.

"Seniman tidak ingin selalu sentral di Surabaya. Ada impact perekonomian yang tidak harus selalu ada di Surabaya. Dengan adanya Festival Kesenian Pesisir Utara di Kabupaten Sampang ini, semoga menambah okupansi perhotelan di Sampang," terang Sinarto.

Festival Kesenian Pesisir Utara 2019 di Sampang menjadi daya tarik warga setempatFestival Kesenian Pesisir Utara 2019 di Sampang menjadi daya tarik warga setempat

Loading...

FKPU 2019 ini dihadiri Kepala Bakorwil Pamekasan Alwi, Bupati Sampang Slamet Junaidi, Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo S, Dandim Sampang, hingga kepala dinas pariwisata atau perwakilan dari 14 daerah wilayah pesisir utara.

"Kita harapkan dapat menciptakan kondisi kehidupan yang baik bagi masyarakat Sampang dan Jawa Timur. Semoga kami menjadi tuan rumah yang baik," tambah Bupati Sampang Slamet Junaidi.

Berita Terkait