11 Ribu Lebih Bandeng Presto se Jatim Telorkan Rekor

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

11 ribu lebih bandeng presto se Jatim pecahkan rekor MURI

jatimnow.com - Sajian 11.021 bandeng presto untuk masyarakat umum dalam Jatim Fish and Marine Exhibition 2019, pecahkan rekor MURI. Acara yang digelar Dinas Perikanan Jawa Timur itu dimulai 15 hingga 17 November 2019, di parkir timur Plaza Surabaya.

Pemberian Rekor MURI itu diterima langsung oleh Gubernur Khofifah didampingi Istri Wakil Gubernur, Arumi Bachsin, Jumat (15/11/2019).

Gubernur Khofifah mengatakan, Jatim Fish and Marine Exhibition 2019 itu bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat, serta menjadi ajang pameran produk UKM dan industri kelautan dan perikanan. Dengan gemar mengonsumsi ikan, akan dapat mengurangi angka stunting.

Gubernur Khofifah dan Arumi Bachsin menerima rekor MURI sajian bandeng presto Gubernur Khofifah dan Arumi Bachsin menerima rekor MURI sajian bandeng presto

Selain itu, Ia menyebut bila sektor perikanan laut memiliki kontribusi besar dalam menyokong Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur. Tercatat pada tahun 2018, PDRB di Jatim sebesar 50,9 triliun atau setara 2,3 persen PDRB Jatim disumbang sektor perikanan laut.

"Kita bisa tingkatkan seluruh hal, bisa maksimalisasi seluruh energi positif yang kita punya, teknologi dan jejaring, bahwa di sektor perikanan kita bisa tingkatkan lebih baik," ungkap gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Sementara itu, Senior Manajer MURI Ariani Siregar menambahkan, hingga saat ini kurang lebih 2900 rekor yang telah dikeluarkan di Indonesia. Selain itu, Provinsi Jatim pada tahun pemerintahan Khofifah Indar Parawansa, sudah beberapa kali memecahkan rekor MURI.

Di antaranya rekor MURI di Kediri dengan sajian lele terbanyak. Kemudian sajian apel serta mudik dengan peserta terbanyak yaitu 270 ribu pemudik.

Gubernur Khofifah dan Arumi Bachsin melihat ikan yang dipamerkan dalam Jatim Fish and Marine Exhibition 2019 di parkir timur Plaza Surabaya Gubernur Khofifah dan Arumi Bachsin melihat ikan yang dipamerkan dalam Jatim Fish and Marine Exhibition 2019 di parkir timur Plaza Surabaya

"Dan prestasi terbaru yaitu penyajian ikan 11.021 ikan bandeng presto. Namun setelah kami lakukan verifikasi di lapangan, bahkan lebih yakni ada 11.089 sajian bandeng presto. Menurut catatan Rekor MURI itu adalah terbanyak yang sebelumnya rekor tersebut dipegang Pemkab Pemalang 9.936 sajian ikan bandeng bakar," papar Ariani.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Timur Mohammad Gunawan Saleh menyebut, selain untuk promosi produk perikanan, pemecahan rekor MURI sajian ikan bandeng presto ini nantinya mampu mendongkrak semangat dalam meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat Jatim. Sebab tingkat konsumsi ikan masyarakat Jatim disebut masih rendah.

"Pada 2018 lalu angkanya masih 36,82 kilogram per kapita per tahun. Hal itu jauh dari capaian secara nasional yang mencatat angka 50,69 kilogram per kapita per tahun," tandasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter