Berantas Miras, Kapolres Ngawi Keluarkan Maklumat Bagi Produsen Ilegal

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Kapolres Ngawi AKBP Pranatal Hutajulu saat rapat koordinasi dengan Forpimda.

jatimnow.com - Produsen besar minuman keras jenis arak jowo (arjo) tak hanya di Jawa Tengah, namun Jawa Timur juga tercatat sebagai pemaasok arjo skala besar.

Tepatnya berada di Desa Kerek, Kecamatan/Kabupaten Ngawi. Tak hanya satu produsen saja, produksi arak jowo sudah menjadi mata pencaharian sebagian besar warga Desa Kerek dan Desa Sidolaju, Kecamatan Widodaren.

"Meski menjadi mata pencaharian, Tapi bukan berarti bisa dibenarkan.Tetap kami tindak," kata Kapolres Ngawi, AKBP Pranatal Hutajulu saat rapat koordinasi dengan Forpimda.

Pranatal mengancam hanya memberikan waktu sepekan untuk menghentikan aktifitas produksi Miras di wilayah Kabupaten Ngawi.

"Apabila dalam jangka waktu sepekan masih ditemukan produksi miras, maka prosedur hukum akan ditegakkan," ancamannya.

Ia pun meminta untuk Bupati Ngawi, memahaminya. Dan tentu membantu Polres Ngawi menegakkan hukum tersebut.

"Sudah darurat Miras. Banyak korban karena miras. Memang di Ngawi belum ada. Cuma kalau dibiarkan juga akan ada korban," tegasnya

Sementara, Bupati Ngawi, Budi Sulistyono, mengatakan miras secara nasional sudah merupakan wabah. Ngawi sebagai salah satu produsen arjo juga menjadi sorotan nasional.

"Saya sudah perintahkan dinas terkait mencari solusi untuk para produsen arjo yang ada di Ngawi. Tapi mata pencahariannya tidak hilang," tegasnya.

Di sisi lain, warga masyarakat Desa Kerek dan Desa Sidolaju menyanggupi untuk menutup produksi arjo selama sepekan. Dan mencari mata pencaharian lainnya.

Selain rapat koordinasi, Kapolres Ngawi, AKBP Pranatal Hutajulu juga mengeluarkan 6 maklumat. Berikut maklumat yang dikeluarkan oleh kapolres Ngawi.

MAKLUMAT KAPOLRES NGAWI

Tentang LARANGAN PRODUKSI DAN PEREDARAN MINUMAN KERAS

DI WILAYAH KABUPATEN NGAWI :

1. PRODUSEN MINUMAN KERAS YANG TIDAK DILENGKAPI DENGAN IZIN DARI. PIHAK YANG BERWENANG AGAR SEGERA MENGHENTIKAN AKTIVITASI PRODUKSINYA.

2. PENJUAL MINUMAN KERAS YANG TIDAK DILENGKAPI DENGAN IZIN DARI PIHAK! YANG BERWENANG AGAR SEGERA MENGHENTIKAN KEGIATAN JUAL BELI‘ MINUMAN KERAS.

3. MASYARAKAT PENGGUNA MINUMAN KERAS AGAR TIDAK MENGKONSUMSII MINUMAN KERAS DITEMPAT UMUM.

4. DIHIMBAU KEPADA MASYARAKAT YANG MENGETAHUI PENGGUNAAN MINUMAN KERAS DI EMPAT UMUM DAN PEREDARAN MIRAS AGAR MELAPORKAN KEPADA POLRES NGAWl, POLSEK TERDEKAT MAUPUN ANGGOTA BHABINKAMTIBMAS.

5. DIMOHON KEPADA SEGENAP UNSUR PEMERINTAHAN, PEMANGKU KEPENTINGAN, TOKOH AGAMA, TOKOH MASYARAKAT DAN TOKOH PEMUDA
SERTA SEGENAP ELEMEN MASYARAKAT LAINNYA AGAR MENDUKUNG DAN‘ MEMBANTU MENSOSIALISASIKAN MAKLUMAT LARANGAN PRODUKSI DAN PEREDARAN MINUMAN KERAS KEPADA MASYARAKAT

6. BAGI PRODUSEN, PENJUAL DAN PENGGUNA MINUMAN KERAS YANG‘ MELANGGAR MAKLUMAT INJ AKAN DITINDAK SESUAI PERATURAN. PERUNDANG UNDANGAN YANG BERLAKU

7. MAKLUMAT INI BERLAKU SEJAK TANGGAL DIKELUARKAN

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter