Kondisi Membaik, Santri Diduga Keracunan Ikan Tongkol Boleh Pulang

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Ponpes Darul Fikri Ponorogo

jatimnow.com - Setelah menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Harjono Ponorogo akibat dugaan keracunan ikan tongkol, 23 santri Pondok Pesantren Darul Fikri diperbolehkan pulang.

Baca juga: 

Sebelumnya, ada  65 santri yang mondok di Desa Bringin, Kecamatan Kauman, dilakukan perawatan di RSUD dr Harjono Ponorogo.

Setelah menjalani rawat inap, 40 santri diperbolehkan pulang pada Senin (18/11) siang. Dan pada malam harinya, 2 santri diizinkan pulang setelah dinyatakan sehat oleh dokter yang merawatnya.

"Setelah visit dokter hari ini, semua pasien yang keracunan diperbolehkan pulang baik yang di ruang delima maupun ruang mawar," kata Humas RSUD dr Harjono, Suprapto, Selasa (19/11/2019).

Menurutnya, para santri yang diperbolehkan pulang oleh dr Wayan Mertha diminta untuk beristirahat total dan tidak boleh kekurangan cairan.

"Semua pasien keracunan harus istirahat total dan banyak minum air putih," ujarnya.

Pengasuh Ponpes Darul Fikri Ponorogo, Marlan mengatakan para santri yang telah selesai mendapatkan rawat inap diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

"Mereka boleh kembali ke rumah. Nanti kalau sudah sembuh betul baru balik ke pondok," kata Marlan.

Ke 125 santri Pondok Pesantren Darul Fikri keracunan diduga akibat makan tongkol goreng pada Minggu (17/11/2019) malam.

Dugaan keracunan dari ikan tongkol yang dimakan oleh para santri berdasarkan pengakuan pihak pemasak makanan ponpes yang mengaku jika ikan yang dimasak tersebut telah menghitam sebelumnya.

Polisi sendiri telah mengambil sampel makanan yang diduga menyebabkan 125 santri Darul Fikri di Ponorogo keracunan dan telah memeriksa 5 saksi.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter