Forum Sekda Inginkan Pemerintahan Daerah Berkelas Dunia


ilustrasi/istimewa

jatimnow.com - Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) mendorong agar gerakan revolusi mental terlaksana di seluruh Indonesia. Jalannya gerakan tersebut sebagai upaya penerapan reformasi birokrasi secara menyeluruh menuju pemerintahan daerah berkelas dunia.

Ketua Umum Forsesdasi Dr Sri Puryono KS mengharapkan agar seluruh sekda di Indonesia dapat mewujudkan kesiapan sistem dan perubahan cara pandang aparatur sipil negara (ASN) dalam membangun kinerja yang baik di pemerintahan.

"Kita ketahui bersama bahwa para sekda mempunyai tugas sebagai pejabat yang berwenang, yang menjadi 'leading sector' penyelenggaraan administrasi pemerintah diharapkan menjadi motor penggerak perubahan," kata dia pada acara pembukaan Rapat Koordinasi (Rakornas) dan Musyawarah Nasional (Munas) III Forsesdasi 2018, di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Rabu (25/4/2018) malam.

Sekda Jawa Tengah tersebut juga meminta meminta agar seluruh peserta memanfaatkan ajang rakornas dan munas untuk mendapatkan solusi tentang permasalahan-permasalahan pemerintah daerah.

"Saya berharap rakornas dan munas ini bisa menjadi forum pertemuan yang sekaligus untuk arena berdiskusi serta memberikan masukan kepada pemerintah pusat," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi berpesan kepada seluruh anggota Forsesdasi agar sekda tidak lamban dalam bekerja. Menurut dia, seorang sekda harus kreatif, inovatif dan harus sangat sigap serta tanggap menyambut metode-metode baru dalam membangun pemerintahan.

"Saya yakin para sekda di seluruh Indonesia punya perspektif masing-masing yang bisa saling dipelajari sehingga saling menelurkan solusi untuk segala permasalahan pemerintahan," katanya.

Rakornas dan Munas Forsesdasi, kata dia, akan membuka kesempatan kerja sama antar daerah untuk saling bertukar potensi yang saling dimiliki.

Untuk itu, gubernur yang akrab di sapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini, berharap para sekda memanfaatkan momen pertemuan untuk dapat saling menjajaki dan menyelaraskan persepsi tentang pembangunan pemerintahan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

TGB membuka Rakornas dan Munas III Forsesdasi yang berlangsung 25-27 April 2018. Kegiatan tersebut diikuti oleh 24 dari 34 sekda provinsi dan 504 sekda kabupaten/kota.

Panitia juga mengundang kepala biro organisasi, kepala biro pemerintahan dan kepala organisasi perangkat daerah yang terkait dengan pemerintahan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Sumber: Antara

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter