Bupati Nur Arifin Resmikan Instalasi Pengolahan Air di Trenggalek

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Persemian IPA di Trenggalek

jatimnow.com - Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Dusun Tumpak Mulyo Desa Ngares.

IPA ini merupakan bantuan dari Ditjend Cipta Karya Kementrian PUPR dengan pendanaan pinjaman dari negara Hungaria.

Instalasi tersebut dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang diserahkan kembali kepada Perumda Tirto Wening untuk dikelola.

IPA ini ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan air minum di Kecamatan Bendungan dan Pogalan. Pemenuhan kebutuhan air ini sesuai dengan perinsip 3K (kualitas, kuantitas dan kontinuitas) yang terjaga.

"Patut disyukuri keberadaan IPA di Trenggalek sudah dapat dirasakan kebermanfaatannya. Apalagi Trenggalek mendapatkan 2 Instalasi Pengelolaan Air sekaligus," kata Bupati Nur Arifin, Selasa (26/11/2019).

Ia menambahkan, saat ini pihak pemkab masih mempunyai PR dalam pelayananan air bersih kepada masyarakat. Sampai sejauh ini baru 77,7 persen masyarakat yang dilayani pelayanan air bersih baik dari PDAM, Pamsimas atau program yang lainnya.

"Kedepan saya nanti akan tetap mengusulkan karena ada beberapa sumber yang masih bisa kita kelola, semoga tidak idle kapasitas sehingga masih bisa kita layani," tuturnya.

Bantuan IPA ini sudah layak diminum langsung. Pemkab akan siapkan jaringan khusus yang tidak tercampur dengan jaringan yang lama, untuk menyalurkan air dari IPA ini ke berberapa fasilitas umum.

Targetnya seluruh fasilitas pelayanan publik Trenggalek seperti alun-alun, taman, stadion bisa punya keeping water yang bisa langsung diminum.

"Sehingga ketika masyarakat ketika jalan-jalan, berolahraga tidak perlu capek-capek beli minum. Langsung ada tempat minum gratis di tempat tersebut," pungkasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter