Pencari Rumput Ini Tak Menyangka Temukan Harta Karun dari China

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Penemu kepengan koin China, Mastur (kaos hitam merah)

jatimnow.com - Ribuan kepeng koin menghebohkan warga Dusun Sumberan, Desa Macan Putih, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, oleh Mastur (40) dan Warudin (42). Harta karun berupa koin kepeng ini diduga berasal dari bangsa China kala itu.

Mereka menemukan kepeng koin yang bertuliskan aksara China saat mencari rumput pakan kambing sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa kemarin.

"Dua hari lalu pas saya temukan tiba-tiba ada setumpuk koin. Setelah saya bongkar dan saya gosok warnanya kuning seperti dari logam," kata Mastur saat ditemui di rumahnya, Kamis (26/4/2018).

Untuk memastikan, lanjut Mastur, dirinya juga membawa beberapa kepeng koin yang memiliki lobang di tengah itu kepada ahli logam.

Setelah diperiksa baru dipastikan bahwa kepingan kepeng koin itu terbuat dari logam murni.

"Ini bukan yang pertama kali, sebelumnya juga pernah ditemukan koin dan guci tapi sudah dijual," imbuh bapak 2 anak itu.

Lantas ia pun menduga, bahwa kepeng koin yang berjumlah lebih dari 2.000 itu merupakan peninggalan dari Dinasti Ming yang pernah berlabuh ke Nusantara di medio 1405 Masehi.

"Memang dulu dari cerita orang tua sejak jaman dulu, disini (Desa Macan Putih, red) ada bekas peninggalan kerajaan Blambangan," kata Mastur.

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Erwin Yohanes

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter