Permudah Klaim Asuransi, Polisi di Tulungagung Luncurkan Aplikasi TACS

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Peluncuran aplikasi TACS Satlantas Polres Tulungagung

jatimnow.com - Satlantas Polres Tulungagung meluncurkan aplikasi Traffic Accident Claim System (TACS). Aplikasi ini membantu korban kecelakaan untuk bisa segera mendapatkan penanganan medis di rumah sakit.

Selain itu, aplikasi tersebut juga membantu pengurusan klaim asuransi Jasa Raharja, maupun BPJS Kesehatan milik korban kecelakaan. Terdapat 7 rumah sakit swasta dan negeri di Tulungagung telah menggunakan aplikasi ini.

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia menjelaskan banyaknya waktu yang dibutuhkan korban kecelakaan untuk mendapatkan penanganan medis menjadi inspirasi munculnya aplikasi TACS ini.

Selama ini pihak rumah sakit selalu menunggu keluarga korban, untuk memastikan jaminan pembiayaan perawatan.

"Sehingga korban kecelakaan tidak segera ditangani karena pihak rumah sakit akan menanyakan siapa yang akan menanggung biayanya," ujarnya, Jumat (6/12/2019).

Dengan aplikasi ini, pihak rumah sakit cukup memasukkan data identitas korban kecelakaan. Kemudian pihak Jasa Raharja akan merespon dengan memberikan jaminan asuransi pembiayaan.

Jika Jasa Raharja menolak pembayaran klaim dengan alasan tertentu akan langsung masuk dalam jaminan BPJS Kesehatan.

"Ada beberapa jenis kecelakaan yang tidak ditanggung oleh Jasa Raharja, ini yang akan masuk ke klaim BPJS Kesehatan," terangnya.

Aplikasi ini juga memotong rantai pengurusan klaim asuransi. Jika sebelumnya pihak keluarga korban membutuhkan waktu lebih dari satu hari, kini semua akan langsung terhubung melalui aplikasi ini.

"Yang kita utamakan adalah korban harus mendapat pelayanan medis dengan cepat, sehingga bisa menekan angka kematian akibat kecelakaan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Jasa Raharja Tulungagung, Purwono mengaku terbantu dengan adanya aplikasi ini. Selain memudahkan proses klaim pembayaran asuransi, aplikasi ini juga menghubungkan langsung sejumlah instansi terkait.

"Persyaratan klaim bisa dilakukan dengan aplikasi ini sehingga lebih cepat," katanya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter