Pixel Code jatimnow.com

Sah! Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Dilantik

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Presiden Joko Widodo (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden Joko Widodo (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

jatimnow.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik lima anggota Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019) siang. Pelantikan ini berbarengan dengan pelantikan pimpinan KPK pada pukul 14.30 Wib.

Presiden Jokowi melantik kelima anggota Dewan Pengawas berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 140/P Tahun 2019 tentang pengangkatan keanggotaan Dewan Pengawas KPK masa jabatan 2019-2023.

Adapun kelima anggota Dewan Pengawas KPK yang telah ditunjuk Presiden Jokowi tersebut yakni mantan pimpinan KPK jilid I Tumpak Hatorangan Panggabean sebagai ketua.

Sedangkan di posisi sebagai anggota, ada Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang NTT Albertina Ho, mantan Hakim Agung di Mahkamah Agung Artidjo Alkostar, mantan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Harjono dan peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Sjamsuddin Haris.

Keberadaan Dewan Pengawas KPK ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Dewan Pengawas KPK ini merupakan yang pertama kalinya dibentuk dan dipilih langsung oleh Presiden Jokowi.

Baca juga:
Panitera Pengganti dan Advokat di Surabaya Dituntut 4 Tahun Penjara terkait Suap

 

Lihat Artikel Asli

Baca juga:
Diperiksa sebagai Terdakwa, Hakim Itong: Hamdan Kenapa Bohong?

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id