Buah Salak Pasar Induk Osowilangun Surabaya Pasok Jatim

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Pedagang buah salak di Pasar Induk Osowilangun Surabaya

jatimnow.com - Para pedagang buah salak Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) memasok dagangannya ke berbagai wilayah Jawa Timur.

Para pedagang yang mengambil buah salak diantaranya berasal dari Surabaya, Gresik dan Madura.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu pedagang salak, Komang yang mengatakan dirinya mendatangkan buah dari petani di Jawa Tengah. Dalam sehari kiriman tersebut bisa datang sekitar 2 ton.

"Salaknya dari Wonosobo dan Sleman. Biasanya jam 4 sore mereka datang," kata Komang asal Bali, Senin (14/1/2020).

"Kalau pelanggan dari Madura biasa ambil malam sekitar pukul 22.00 Wib hingga pukul 24.00 Wib. Kalau yang Surabaya dan Gresik pagi jam empatan," jelasnya.

Untuk saat ini harga buah salak yang dijual di lapaknya berkisar antara Rp 2 ribu hingga Rp 2500 per kilonya. Biasanya, dalam sekali pengambilan para pelanggan mencapai 1,5 sampai 2 kwintal per harinya.

"Kalau ditotal rata-rata saya bisa menjual satu ton lebih," ungkap pedagang salak yang telah lima tahun berjualan di PIOS ini.

Dijelaskannya, dari dua jenis salak yang dijualnya memiliki karakter yang berbeda. Jika salak Wonosobo bentuknya lebih panjang dan tingkat kematangan baru mencapai 70 persen.

Pelanggan banyak yang mengambil jenis salak Bondowoso karena mereka punya waktu lebih lama untuk menjual.

"Sedang kalau salak Sleman bentuknya lebih bulat dengan tingkat kematangan mencapai 80 hingga 85 persen. Kelebihan salak Sleman rasanya lebih manis," tukasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter