Wow, Buah Alpukat di PIOS Bisa Laku 2 Ton Hanya dalam Empat Hari

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

H Imam Arifin salah satu penjual buah alpukat di PIOS sedang menata dagangannya

jatimnow.com - Jadi jujukan utama para pedagang dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan sekitarnya, Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) menyediakan buah dan sayur berkualitas. Salah satunya adalah buah alpukat.

Pemilik lapak buah alpukat, H Imam Arifin mengaku dirinya mampu menjual sebanyak 2 ton dalam waktu empat hari. Menurutnya, buah alpukat yang dijualnya adalah buah pilihan dengan kualitas terbaik.

Pria yang akrab dipanggil Muarfin itu mengungkapkan bahwa jenis yang dijualnya adalah alpukat mentega. Buah tersebut didatangkan dari Jember dan Bondowoso.

"Tiga atau empat hari sekali kirimannya datang menggunakan mobil pikap. Kalau kapasitasnya sekitar 2 sampai 2,5 ton," katanya, Sabtu (18/1/2020).

Ia menjelaskan, buah alpukat tersebut nantinya dibagi dalam dua kategori. Kategori pertama adalah Kelas A, yakni alpukat dengan isi 3 sampai 4 biji yang dibanderol dengan harga Rp 12 ribu hingga Rp 13 ribu per kilogram.

"Kalau Kelas B isinya 5 sampai 6 buah dan harganya sekitar Rp 6 ribu sampai Rp 7 ribu per kilonya," ujarnya.

Untuk menjaga kualitas dagangannya, Muarfin sengaja menyewa pikap saat melakukan pengiriman. Hal ini dikarenakan karakter buah alpukat termasuk golongan buah yang mudah rusak.

"Kalau menggunakan truk biasanya bercampur dengan buah lain sehingga resiko rusaknya tinggi. Kalau mobil pikap lebih aman, jadi ketika sampai di PIOS kulit alpukat tetap mulus. Pelangganpun senang," pungkasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter