jatimnow.com

Siaga Virus Corona, Kepala Puskesmas di Tulungagung Dikumpulkan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Tulungagung siapkan ruang isolasi pasien siaga Virus Corona 🔍
Tulungagung siapkan ruang isolasi pasien siaga Virus Corona

jatimnow.com - Puluhan kepala puskesmas serta klinik kesehatan di Tulungagung, dikumpulkan oleh dinas kesehatan setempat. Mereka mendapat pengarahan terkait penanganan Virus Corona dari Wuhan, China, yang telah menyebar ke beberapa negara.

Meskipun hingga kini belum ada temuan kasus di Indonesia, tetapi pengarahan ini dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi Virus Corona.

Wakil Direktur RSUD Dr Iskak Tulungagung, Dr Kasil Rohmad menuturkan, pihaknya telah menyiapkan alur penanganan terpadu. Nantinya, puskesmas akan melakukan deteksi dini terhadap warga yang baru pulang dari luar negeri.

Loading...

"Selama 14 hari akan dipantau kondisi kesehatannya, apakah terdapat ciri-ciri terkena Virus Corona atau tidak," ujar Kasil, Kamis (30/1/2019).

Kasil menambahkan, sekilas ciri-ciri pasien Suspect Virus Corona seperti terkena flu. Jika pihak puskesmas menemukan atau mencurigai ada warga yang terkena virus ini, mereka diminta untuk segera menghubungi rumah sakit.

"Kita sudah menyiapkan ruang isolasi serta ambulans khusus bagi pasien Suspect Virus Corona," tambahnya.

Nantinya, pasien akan dirawat lebih lanjut di ruang isolasi dan diambil sampelnya untuk diuji laboratorium. Sesuai data dari WHO, terdapat 18 negara yang sudah terkena Virus Corona ini.

Negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand sudah ditemukan adanya virus tersebut. Negara yang menjadi tujuan TKI asal Tulungagung juga sudah banyak yang terkena.

"Meski belum ada kasus di Tulungagung, kita harus siap siaga karena banyak kemungkinan bisa terjadi," pungkasnya.