Rumah Terendam Banjir, Janda di Kota Probolinggo Tidur Beralaskan Batu

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Aliati, janda di Kota Probolinggo menumpuk batu untuk tidur saat rumahnya kebanjiran

jatimnow.com - Warga RT 04 RW 06, Kelurahan Mayangan, Kota Probolinggo di musim penghujan mengeluhkan rumahnya kerap menjadi langganan banjir.

Salah satu warga yang rumahnya terimbas banjir saat musim penghujan adalah Aliati (55). Janda ini terpaksa tidur di atas tumpukan batu saat rumahnya yang berukuran 2,5 x 4 meter itu terendam banjir ketika hujan deras datang.

"Kalau musim hujan, rumah saya pasti terendam air. Saya tidak bisa nyenyak tidur karena genangan air di dalam rumah," katanya, Minggu (2/2/2020).

Untuk mensiasati genangan air, Aliati memasang batu dan menumpuknya di bawah karpet plastik miliknya.

"Batu itu tidak disemen hanya ditumpuk saja. Soalnya untuk biaya rehab rumah, saya tidak memiliki uang lebih," jelas wanita yang seharinya berjualan gorengan itu.

Kondisi tersebut diperparah dengan air selokan yang tidak lancar.

"Ada sembilan rumah di lokasi ini sering kebanjiran rumahnya," ujarnya sambil berharap kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo untuk turun ke lokasi dan membantu agar kawasan tersebut tidak lagi banjir.

Camat Mayangan Kota Probolinggo, M Abas saat dihubungi mengatakan pihaknya telah menerima laporan kawasan di tempatnya yang kerap banjir.

Ia mengaku akan mengkomunikasikan dengan dinas terkait termasuk dengan Balai Besar Jalan Nasional.

"Sebab saluran air di daerah itu milik Balai Besar Jalan Nasional. Kami upayakan agar pembangunan normalisasi selokan itu segera dilakukan," jelasnya.

Abas juga mengatakan, akan segera menindaklanjuti warga yang tidur di atas batu akibat genangan air.

"Kami akan segera cek lapangan soal itu," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter