Beredar Foto Buaya Diduga di Sungai Brantas Kota Kediri

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Sejumlah petugas bersiaga di sekitar Sungai Brantas Kota Kediri

jatimnow.com - BPBD Kota Kediri bersama polisi melakukan pemantauan di sekitar Sungai Brantas, Kelurahan Ringinanom, Kota Kediri. Pemantauan dilakukan menyusul beredarnya foto penampakan buaya di media sosial, yang diduga muncul di wilayah tersebut.

Foto tersebut mulai diunggah dan tersebar di media sosial sejak Selasa (4/2/2020). Sejumlah warganet menyampaikan responnya dan berasumsi di kolom komentar.

Wayu, warga setempat mengatakan, penampakan buaya di Sungai Brantas ini kerap diketahui oleh para pemancing. Buaya tersebut sering muncul di belakang Klenteng Tjo Hwie Kiong atau Pondok Pesantren (Ponpes) Kedunglo, Kediri.

Foto penampakan buaya yang diduga di Sungai Brantas Kota KediriFoto penampakan buaya yang diduga di Sungai Brantas Kota Kediri

"Kemarin waktu muncul yang melihat kakak saya. Kemudian sama temannya difoto dan menyebar melalui media sosial," ujar Weyu, Rabu (5/2/2019).

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri Adi Sutrisno menjelaskan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan tim di wilayah tersebut. Mereka disiagakan untuk memantau kemunculan buaya.

"Kita juga menerima informasi dari para pemancing yang biasa melakukan aktivitasnya di sekitar lokasi," tuturnya.

Dari foto yang beredar, Adi menduga bahwa buaya yang muncul ini merupakan jenis alligator missippienis atau sarcosuchus hartti. Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan provinsi, terkait kemunculan buaya ini.

"Kami pantau dulu dan selanjutnya melaporkan ke pimpinan dan koordinasi dengan provinsi," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter