Tampung Aspirasi, Pakde karwo Janji Sampaikan Tuntutan Buruh ke Pusat

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Gubernur Jawa Timur saat menemui massa aksi May Day di Jalan pahlawan Surabaya.

jatimnow.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku siap memfasilitasi tuntutan para buruh pada aksi May Day kali ini, Selasa, (1/5/2018).

Dihadapan ribuan buruh, Soekarwo mengaku siap memfasilitasi keinginan buruh. Namun pihaknya masih mengalami kesulitan terkait PP No. 78 Tahun 2015.

"Pada tahun 2012 lalu kami telah megajukan kajian atas PP tersebut dan juga sempat ditolak. Namun kami juga masih tidak patah arang untuk terus memperjuangkan hak buruh," ungkap Soekarwo.

Dalam aksinya, pada peringatan May Day kali ini, buruh Jawa Timur membawa tuntutan tentang aturan pekerja asing yang dinilai merugikan pekerja lokal.

Jazuli, Sekretaris DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jatim menyampaikan, buruh mendorong pemerintah pusat agar membatasi tenaga kerja asing. Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

"Hadirnya tenaga kerja asing ini, mengakibatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan semakin sulit. Dan kami harapkan pemerintah mencabut kebijakan-kebijakan yang tidak pro terhadap pekerja Indonesia," tutur Jazuli saat Ditemui di sela-sela aksi, di depan kantor Gubernur Jatim, di Jalan Pahlawan, Surabaya, Selasa (1/5/2018).

Selain itu, para buruh juga mendesak Pemprov juga turut meminta agar pemerintah pusat mencabut peraturan yang dinilai menimbulkan masalah kesejahteraan dan ketimpangan.

"Kami meminta mencabut PP No. 78 Tahun 2015. Seharusnya dalam PP tersebut pemda memberlakukan hasil survei kebutuhan hidup layak (KHL) dalam menetapkan upah minimum. Hal itu merupakan upaya untuk mengurangi disparitas upah minimum di Jatim dinilai masih timpang," urainya.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter