6.594 Tenaga Kerja Asing di Jatim, Terbanyak dari China

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Kepala Disnakertrans Jatim Setiajid.

jatimnow.com - Sebanyak 6.594 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang berada di wilayah Jawa Timur dinyatakan telah memiliki Ijin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA).

Berdasar data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur, TKA tersebut berasal dari China, Jepang dan Korea.

Setiajid Kepala Disnakertrans Jatim mengatakan 6.594 TKA tersebut bekerja di Kabupaten/Kota Ring 1 Jawa Timur yang meliputi Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto dan Pasuruan.

"Di Jatim sudah ada 6594 tenaga kerja asing (TKA) telah memegang Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA). Memang benar apa yang dikatakan oleh media, bahwa tenaga kerja asing didominasi dari China," terang Setiajid saat ditemui di sela-sela aksi unjuk rasa buruh dalam Peringatan Hari Buruh Internasional di Kantor Gubernur Jatim, Selasa (1/5/2018).

"Di Jawa Timur 1.684 orang TKA berasal dari China disusul Jepang, dan Korea," imbuhnya.

Setiajid mencontohkan, mayoritas TKA itu bekerja di perusahaan asing yang berdiri di Jatim, misalnya parbik sepatu yang harus memiliki lisensi internasional.

"Jadi kalau misalnya di perusahaan sepatu dengan lisensi dari Amerika Serikat, begitu, ya. Quality Control-nya dari Amerika. Harus begitu, kalau enggak orang kan enggak mau pakai," katanya.

Menjamurnya TKA di Jatim, lanjutnya, karena investasi yang mendominasi di Jawa Timur berasal dari negara-negara tersebut.

"Jadi wajar kalau TKA dari negara-negara itu yang mendominasi. TKA yang telah memegang IMTA di Jatim sudah berdasarkan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) sesuai dalam ketentuan perundangan," pungkasnya.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter