Ratusan Mahasiswa Asing di Tulungagung Diperiksa Cegah Virus Corona

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Salah satu mahasiswa asing di Tulungagung saat diperiksa kesehatannya

jatimnow.com - Petugas Kantor Imigrasi Klas II Non TPI Blitar melakukan pengecekan dokumen ratusan mahasiswa luar negeri di Tulungagung, Kamis (13/2/2020). Petugas imigrasi melibatkan dinas kesehatan setempat, untuk memeriksa kesehatan para mahasiswa itu.

Kepala Kantor Imigrasi Klas II Non TPI Blitar Andika Pandu Kurniawan menjelaskan, dari pengecekan itu, pihaknya menemukan seorang mahasiswi asal Thailand yang baru tiba di Indonesia pada 8 Februari 2020.

"Pengecekan dan pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah masuknya Novel Corona Virus ke Indonesia," kata Andika usai pemeriksaan.

Pemeriksaan terhadap warga negara asing (WNA) itu bukan kali pertama. Sebelumnya petugas imigrasi juga melakukan pengecekan terhadap 16 WNA asal Tiongkok atau China, Hongkong dan Taiwan yang berada di Tulungagung.

Sesuai data keimigrasian, terdapat 170 WNA yang berada di Tulungagung. Dari jumlah tersebut sebanyak 106 di antaranya berasal dari Thailand dan berstatus sebagai mahasiswa IAIN Tulungagung.

"Meskipun temuan kasus Virus Corona di Thailand tidak sebanyak China, tetapi antisipasi tetap kami lakukan," tambah Andika.

Sementara petugas Dinas Kesehatan Tulungagung Satrio Wibowo menyebut, suhu tubuh mahasiswi yang baru datang ke Indonesia itu normal. Meski begitu, tim dinas kesehatan tetap akan memantau hingga beberapa hari ke depan.

"Kita sudah menyampaikan kalau mahasiswi ini mengeluhkan demam atau penyakit lain, bisa segera menghubungi tim medis untuk dilakukan pemeriksaan," pungkasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter