Dua Desa di Ponorogo Terendam Banjir Akibat Tanggul Jebol

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Banjir rendam dua desa di Ponorogo

jatimnow.com - Dua tanggul di Kabupaten Ponorogo jebol akibat hujan deras yang mengguyur mulai pukul 15.30 Wib, Selasa (18/2/2020). Akibatnya dua desa di dua kecamatan terendam banjir.

Data yang didapat jatimnow.com, tanggul pertama yang jebol berada di Desa Maguwan, Kecamatan Sambit. Sedangkan tanggul kedua berada di Desa Grogol, Kecamatan Sawoo. Akibatnya, air meluap menyebabkan jalan desa dan beberapa rumah warga tergenang.

Ketua RT 01 Dusun/Desa Grogol, Kecamatan Sawoo, Antok mengatakan, hujan deras mengguyur lokasi mulai pukul 15.00 hingga 16.30 Wib. Air masuk ke perkampungan saat hujan itu masih terjadi atau sekitar pukul 16.00 Wib.

Antok menyebut, air meluap merendam sejumlah rumah warga di 4 RT. Bahkan ketinggian hingga 40 sentimeter. Namun menjelang petang, genangan mulai surut.

Sementara Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono membenarkan bahwa banjir yang merendam dua desa di dua kecamatan itu akibat tanggul jebol. Di Desa Grogol, tanggul jebol sepanjang tiga meter. Sementara di Desa Maguwan, yang jebol sepanjang emapt hingga lima meter.

"Air merendam dua desa, tetapi tidak berlangsung lama. Ketinggian air sekitar 30 sampai 40 cm," terang Setyo.

Setyo menyebut bahwa BPBD Ponorogo tetap memantau perkembangan di lokasi dengan menyebar tiga tim, yaitu di Maguwan, Kota dan Sumoroto.

"Kota juga hujan. Karena juga rawan banjir, tetap kami pantau," pungkas Setyo.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter