Lahan Relokasi Gedung SDN 2 Tugurejo Ponorogo Relatif Aman, Asal...

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Tim PVMBG Kementerian ESDM memantau lahan yang dipersiapkan untuk relokasi Gedung SDN 2 Tugurejo, Ponorogo

jatimnow.com - Tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM mendatangi lahan yang disiapkan untuk relokasi Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jumat (21/2/2020).

Kabid Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG Kementerian ESDM Agus Budianto menyebut, ada tiga hal yang dicek oleh PVMBG. Pertama apakah daerah untuk relokasi stabil atau berpotensi ada gerakan tanah lagi.

Kedua, dilihat parameter geologinya, bagainana penataan kondisi sekarang, apakah daerah persawahan atau hutan dan bukit. Ketiga, apakah wilayahnya stabil atau tidak.

"Maksudnya tentang kriteria dilintasi jalur air atau tidak. Jika memang dilintasi jalur air, maka ada pertimbangan sendiri," terang Agus.

Baca juga: 

Agus mengungkapkan bahwa gambaran secara umum, lahan itu memiliki sudut kelerengan sangat rendah. Dibatasi anak sungai dan sungai. Hal itu patut menjadi perhatian.

"Relatif datar, relatif aman. Tapi tidak totalitas aman, masih ada kriteria yang lain, jalur air dan kondisi batuannya," jelasnya.

Selain memantau langsung di lapangan, Tim PVMBG juga melakukan pemantauan dengan drone.

"Setelah iti baru menyusun rekomendasi. Upaya ini kan merancang suatu bangunan sekolah yang memang relatif aman terhadap ancaman di masa depan," bebernya.

Agus menyampaikan, kesimpulan sementara situasi di Kecamatan Slahung berada di daerah perbukitan dan longsoran.

"Kesimpulan relatif aman, tetapi dengan catatan. Catatan itulah yang harus dilakukan," pungkasnya.

Gedung SDN 2 Tugurejo yang berada di Dukuh Krajan, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo itu direlokasi setelah terdampak tanah gerak.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter