Wabah Virus Corona

Mengikuti Salat Jumat di Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Zain Ahmad

Salat Jumat di Masjid Muhammad Cheng Hoo

jatimnow.com - Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya tetap melaksanakan ibadah Salat Jumat di tengah merebaknya wabah Virus Corona (Covid-19).

Ada beberapa aturan yang diterapkan bagi jemaah yang melaksanakan Salat Jumat di masjid yang terletak di Jalan Gading, Surabaya itu.

"Penyemprotan sudah dilakukan. Lalu jemaah bawa sajadah sendiri. Dan yang terakhir sesuai anjuran pemerintah, sementara untuk tidak bersalaman," kata Ketua Umum Pengurus Masjid Muhammad Cheng Hoo, H Abdullah Nurawi, Jumat (20/3/2020).

Ia melanjutkan, selain peraturan tersebut para jemaah sebelum wudlu dianjurkan untuk mencuci tangannya dengan sabun atau hand sanitizer yang sudah disediakan di tempat.

"Hand sanitizer juga sudah kita sediakan. Tapi kalau untuk pengecekan suhu tubuh belum. Belum kita terapkan. Nanti dikoordinasikan lagi," ujarnya.

Ia meminta bagi para jemaah yang mengalami sakit batuk, flu, dan kurang enak badan dianjurkan lebih baik di rumah dulu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Ini bukan serta merta melarang. Tapi lebih tepatnya mengantisipasi. Mengantisipasi diri sendiri maupun orang lain, agar di tengah mewabahnya Virus Corona tidak terjadi kontak atau bersentuhan langsung, hingga tertular," terangnya.

Ditanya apakah ke depannya Salat Jumat akan tetap digelar?

Nurawi mangatakan akan mengikuti perkembangan lebih lanjut dan pemberitahuan dari pemerintah.

"Misalkan minggu depan aman, ya tetap kita gelar (Salat Jumat). Kalau dinyatakan wah (gawat), ya kita koordinasikan lagi. Yang pasti kita ikuti perintah dari atas. Pemerintah memerintahkan begini, ya kita harus kerjakan," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter