Rumah di Surabaya Digeledah, Terkait Dua Terduga Teroris Sidoarjo?

Editor: Redaksi / Reporter: Narendra Bakrie

Densus 88 menggeledah sebuah rumah terduga teroris berinisal R di Kelurahan Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung 16 Oktober 2019 (Foto: Republika)

jatimnow.com - Tim Densus 88 Antiteror Polri dikabarkan menggeledah sebuah rumah di Rungkut Lor, Surabaya. Informasinya, rumah tersebut pernah ditempati dua terduga teroris yang ditangkap di Dusun Bogem, Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo.

Informasi yang didapat jatimnow.com, penggeledahan itu dilakukan Tim Densus 88 pada Sabtu (11/4/2020) malam. Namun tim ini tidak mendapatkan barang bukti apapun dari rumah yang pernah dikontrak kakak adik terduga teroris tersebut.

"Sebelum mengontrak rumah di Sukodono (Sidoarjo), keduanya sempat tinggal di Rungkut Lor (Surabaya) itu," ujar sumber jatimnow.com di internal kepolisian, Minggu (12/4/2020).

Belum diketahui berapa lama kedua terduga teroris itu tinggal di Rungkut Lor. Namun setelah itu, keduanya mengontrak rumah di Dusun Bogem, Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono, kurang dari satu bulan.

Baca juga: 

Informasi lain menyebut bahwa kedua teroris itu merupakan warga asal Batang, Jawa Tengah. Diduga keduanya kabur setelah lima orang terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Batang disergap Densus 88 pada Rabu (25/3/2020) sore.

Dari lima terduga teroris di Batang yang ditangkap, satu di antaranya ditembak mati lantaran melakukan perlawanan menggunakan pedang samurai. Sedangkan empat tersisa langsung dibawa ke Mabes Polri saat itu juga.

Polri masih belum menjelaskan detail terkait penangkapan dan penggeledahan rumah di Sukodono, Sidoarjo maupun di Rungkut Lor, Surabaya itu. Hasil dari penggeledahan di dua lokasi itu juga belum dibeberkan.

"Dicek dulu ya," jawab Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divhumas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi jatimnow.com, Sabtu (11/4/2020) malam.

Namun untuk penggeledahan di Batang, Argo saat itu menyebut bahwa Tim Densus 88 menyita barang bukti sebilah samurai, sebilah golok, sangkur pemandu, buku catatan dan dirigen berisi cairan. Cairan tersebut sedang dicek jenis cairan apa di dalamnya.

Selain itu Tim Densus 88 menyita 10 bungkus korek api, 10 resistor, 4 ponsel, 24 botol plastik kecil dan 24 botol berisi cairan.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter