Material Longsor di Tugurejo Sulit Dipindahkan


Proses pemindahan longsor yang menyulitkan petugas

PONOROGO :: jatimnow.com - Tebing ambrol di Jalan Raya Surabaya-Pacitan km 225, RT/RW 01, Dusun Krajan, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung rupanya cukup susah atau kesulitan untuk disingkirkan. Apalagi material yang longsor berupa batu besar.

"Batunya besar-besar. 1 jam hanya bisa menggeser 5 meter persegi longsoran. Dan longsorannya mencapai 80 meter," kata Agus Sutanto, Kepala UPT PU Jawa Timur di Ponorogo, Senin (26/2/2018).

Untuk itu, lanjut dia, alat yang kemarin sudah ada yakni 1 alat berat dan 1 loader ditambah. Totalnya menjadi 1 breaker, 2 esvakator, 1 loader.

"Semua alat berat kami datangkan dari Pacitan. Karena memang semua alat milik PU Jatim berada di Pacitan yang langganan longsor," katanya.

Sementara itu, untuk dump truk juga direncanakan ditambah. Untuk membantu pembersihan lebih maksimal. Sampai saat ini, ada 4 dump truk, akan ditambah menjadi 6.

Dia menjelaskan kesulitannya, yakni manuver alat karena jalurnya cukup sempit. "Ini sudah kami usahakan untuk segera diatasi. Belum bisa juga. Semua dialihkan ke jalan desa," katanya.

Sementara, Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi, mengaku tidak ada rekayasa lain untuk mengatasi longsoran batuan tersebut. Hanya mengoptimalkan petugas dari Polres dan Polsek Slahung 

"Kami optimalkan anggota untuk membantu membersihkan longsoran. Sedangkan untuk mengatur arus di lokasi, maka roda dua dan empat lewat jalan desa," terangnya.

 

(Redaksi)

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter