Cegah Wabah Corona, 20 Kampung Tangguh Semeru di Tuban Diresmikan

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Pencanangan Kampung Tangguh Semeru di Tuban

jatimnow.com - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tuban mengajak masyarakat untuk bersama mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan membuat Kampung Tangguh Semeru.

Sebanyak 20 Kampung Tangguh Semeru (SEhat-aMan-tErtib-RUkun) di Kabupaten Tuban sudah mulai berjalan. Diantaranya di Dusun Karangdowo, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu.

"Keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini diharapkan bisa berperan penting untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19, serta membantu mengatasi dampak sosial yang terjadi," ujar Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono di sela peresmian Kampung Tangguh Semeru di Kecamatan Jenu, Kamis (28/5/2020).

Peresmian itu juga dihadiri Bupati Tuban Fathul Huda, Danrem 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon.

Menurutnya, Kampung Tangguh Semeru merupakan program yang dicanangkan Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran.

Kegiatan itu sebagai upaya pelibatan masyarakat di tingkat desa yang secara sadar dan bersama-sama berupaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19), serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul di desa.

Kawasan ini akan diterapkan langkah-langkah seperti protokol kesehatan Covid-19, kamar isolasi, tim pemulasaran jenazah yang siap membantu memakamkan korban meninggal dunia akibat Corona, tersedia lumbung pangan berisi bahan pokok, serta berbagai kelengkapan lainnya.

"Kampung Tangguh Semeru ini juga diharapkan dapat menyelesaikan berbagai bentuk permasalahan sosial yang terjadi," katanya.

Mantan Kapolres Madiun ini menambahkan, pemerintah pusat mengajak masyarakat agar siap menyambut dan menghadapi situasi normal yang baru atau New Normal.

"Maka keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini juga akan dapat membantu agar masyarakat semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan yang ada," terangnya.

Bupati Tuban Fatkhul Huda berharap di desa lainnya juga membuat Kampung Tangguh Semeru.

"Saya sangat berharap ini tidak hanya seremonial, namun terus berkelanjutan, bermanfaat bagi warga dan diikuti desa-desa lainnya," kata Bupati Huda.

Dalam kegiatan ini diserahkan bantuan berupa Rompi Kampung Tangguh, Alat Pelindung Diri (APD) hingga pemberian bantuan sembako berisi mie instan, telur dan minyak goreng.

Selain itu juga ditampilkan simulasi pemulasaran jenazah, peninjauan lumbung pangan, masker kain yang dibagikan kepada warga.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter