Penderita Demam Berdarah di Ponorogo Meningkat

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

dr Yayuk Dwi Wahyuni/Foto: Mita Kusuma

jatimnow.com - Penyakit demam berdarah dengue (DBD) mulai mengancam Kabupaten Ponorogo. Memasuki bulan lima di tahun 2018 setidaknya sudah ada 187 orang yang menderita DBD.

Angka tersebut dikatakan kritis, karena tahun 2017 lalu dalam setahun hanya 291 penderita dengan 2 korban meninggal dunia.

"Ini sudah memasuki masa kritis. Baru memasuki bulan 5 angkanya sudah 187 penderita. Sudah setengah lebih dari tahun lalu," katanya Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, dr Yayuk Dwi Wahyuni, Jumat (11/5/2018).

Yayuk mengatakan, 2018 juga menjadi siklus tiga tahunan. Seperti diketahui, tahun 2016 lalu ada 891 penderita DBD dengan korbannya mencapai 10 orang.

"Jadi kalau 2016 bisa disebut KLB. Semua warga berusaha keras untuk membasminya. Maklum saja jika 2017 turun," katanya.

Di tahun 2018, lanjut ia, masyarakat mulai lengah kembali. Karena menunjukan trend kenaikan dari tahun sebelumnya.

Ia berharap, warga tidak lengah. Sehingga tetap menerapkan hidup sehat agar tidak terjangkit penyakit DBD.

Usaha lain, ia mengklaim sudah dilakukan oleh Dinkes. Termasuk melakukan fooging kepada lokasi yang rawan.

Yayuk menyebut persoalan DB sebenarnya dapat segera dicegah. Ia mengurai kesadaran warga untuk membersihkan lingkungan menjadi kuncinya.

Oleh karenanya, dia mewanti-wanti agar warga berperan aktif dalam membasmi nyamuk aedes aegypti. "Jangan sampai kalau sudah kena baru dibersihkan ya,’’ tambahnya.

Pihaknya berharap dengan adanya fogging tersebut, warga semakin sadar terhadap kebersihan lingkungan. Mencegahnya, lanjut dia, dengan jalan memberantas jentik-jentik nyamuk.

‘’Telur nyamuk, jentik itu malah lebih beroptensi sebagai penyebab penyakit DB,’’ pungkasnya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter