Pixel Code jatimnow.com

Tungku Peleburan Pabrik Baja di Mojokerto Meledak, 9 Pekerja Terluka

Editor : Sandhi Nurhartanto   Reporter : Achmad Supriyadi
Pabrik baja PT Jaya Mustika di Mojokerto
Pabrik baja PT Jaya Mustika di Mojokerto

jatimnow.com - Tungku peleburan pabrik baja PT Jaya Mustika Indonesia yang berada di Desa Tumapel, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, meledak, Selasa (9/6/2020) dini hari.

Peristiwa itu mengakibatkan 9 pekerja mengalami luka. Mereka dibawa ke Rumah Sakit (RS) Sidowaras, Kecamatan Bangsal dan RS Sakinah, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto

Salah seorang warga yang berada di lokasi, Suwoto mengatakan meledaknya pabrik itu terdengar suara dentuman keras hingga radius beberapa kilometer dari lokasi pabrik baja tersebut.

"Suara ledakan sekitar pukul 00.30 Wib. Katanya tungku peleburan meledak, karena penasaran saya datang ke sini," katanya.

Salah satu pekerja yang dirawat di RS Sakinah, Siswoyo (46) menjelaskan, ia dan 8 karyawan lainnya bekerja di bagian operator pemasak bahan dasar baja dan tidak tahu penyebab meledaknya tungku peleburan.

Baca juga:
5.290 Siswa Baru di Mojokerto Dapat Perlengkapan Sekolah Gratis

"Saat itu lagi produksi, tiba-tiba tungku untuk memasak besi meledak," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Dlanggu Airlangga Pharmady menyebut kejadian itu bukan ledakan tetapi tungku peleburan jatuh.

"Lebih tepatnya jatuh, karena beratnya tungku sehingga menimbulkan suara dentuman yang keras," kata Airlangga saat dihubungi.

Baca juga:
Kampung Pecinan, Destinasi Wisata Baru Warga Kota Mojokerto

Ia menambahkan, saat ini ada 3 korban yang masih menjalani rawat inap di rumah sakit.

"Total sembilan korban, tiga orang dirawat di rumah sakit Sakinah yang lain sudah boleh pulang, korban jiwa nihil. Penyebabnya masih di dalami petugas kami dan dibantu dari anggota Polres Mojokerto," pungkasnya.