Banyak Manfaat, Penjualan Sayur Pare di PIOS Capai 2 Kuintal Per Hari

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Sayur pare di pedagang PIOS

jatimnow.com - Tidak seperti komoditi lainnya yang banyak dipasok dari luar kota Surabaya, ternyata sayur pare (peria) di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) justru dipasok dari Kota Pahlawan sendiri.

Pare yang banyak mengandung vitamin itu dipasok dari para petani kawasan Made, Kecamatan Sambikerep, Surabaya.

Salah satu pedagang yang menjual sayur pare, Bunadi mengatakan dirinya selama ini menjadi salah satu pemasaran bagi panen para petani dari Made.

"Dagangan saya semuanya jenis sayur-sayuran termasuk pare. Semuanya saya dapatkan dari para petani Made dan Menganti," kata Bunadi kepada jatimnow.com, Sabtu (27/6/2020).

Pedagang sayur pare di PIOS

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sayur pare, dirinya membutuhkan pasokan minimal 2 kuintal per hari. Sedang untuk harga jual sayur itu dibanderol dengan harga Rp 6 ribu per kilogram.

Bunadi menambahkan jika selain menjadi bahan masakan, pare juga memiliki manfaat bagi kesehatan seperti meredakan asma, mengobati diabetes, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan tulang, memperlancar pencernaan dan sebagainya.

"Pare ini kan rasanya pahit, tapi juga bisa menjadi obat bagi beberapa penyakit. Jadi sangat bagus untuk dikonsumsi," ucapnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter