Bantu Maestro Harmonika Amang Genggong, 3 Seniman Gresik Bikin Karya

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Amang Abdurahman Chadry (81) atau Amang Genggong

jatimnow.com - Tiga seniman asal Gresik yakni Joko Iwan, Rahmad Basuki dan Achmad Sulthani Abid menggelar kegiatan sosial untuk maestro harmonika, Amang Abdurahman Chadry (81) atau Amang Genggong yang saat ini sakit akibat terjatuh dari sepeda ontel (angin) kesayangannya.

Ketiga seniman yang tergabung dalam komunitas Seni Rupa Gresik (Gasrug) tersebut membuka donasi bagi Amang Genggong dengan cara mengetuk hati masyarakat melalui karya scribble art dan karikatur.

Baca juga: Kisah Amang Genggong, Maestro Harmonika asli Gresik

"Kami membuka donasi dari masyarakat umum yang berminat dibuatkan gambar digital dengan teknik scribble maupun karikatur. Untuk harganya, kami patok Rp 100 ribu per karya," kata Joko Iwan, Senin (6/7/2020).

Joko melanjutkan karena outputnya adalah digital, maka donatur hanya akan mendapatkan soft file dengan resolusi tinggi sehingga donatur tetap bisa mencetaknya dalam ukuran yang besar.

"Hasil dari kegiatan ini sepenuhnya akan kami sumbangkan kepada Pak Amang Genggong yang dua bulan terakhir sakit akibat terjatuh dari sepeda ontelnya," ujarnya.

Sementara Rahmad Basuki mengatakan, untuk mempublikasikan kegiatan sosial tersebut, dirinya memanfaatkan media sosial (medsos) seperti Facebook dan Instagram. Bagi yang berminat menjadi donatur bisa menghubungi nomor seperti yang tertera di materi publikasi.

"Info detilnya lewat WhatsApp, termasuk untuk pengiriman foto yang digambar serta proses transfer pembayaran. Alhamdulillah hingga saat ini kami sudah berhasil mengumpulkan donasi sekitar Rp 5 juta lebih," terang Rahmad.

Sedang menurut Achmad Sulthani Abid, scribble art merupakan salah satu teknik menggambar yang memainkan garis secara ekspresif dengan tujuan untuk menghasilkan gambar yang artistik.

Sedang karikatur adalah gambar berciri khas lucu dengan menonjolkan atau memperkuat karakter atau ciri khusus seseorang.

Abid menambahkan jika aksi sosial yang dilakukannya bersama dua rekannya itu murni panggilan hati sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada maestro harmonika asli Gresik Aman Genggong.

"Semoga dengan apa yang kami lakukan ini dapat menjadi manfaat, minimal bisa untuk tambahan biaya berobat Pak Amang. Semoga beliau cepat sembuh sehingga bisa kembali beraktivitas," harap Abid.

Dalam perjalanan hidupnya, Amang Genggong dikenal mahir dalam memainkan alat musik tiup harmonika. Kemahirannya bahkan bisa memainkan tiga nada sekaligus yakni melodi, bas dan ritem dalam satu harmonika.

Selain beberapa kali menjuarai lomba harmonika tingat nasional yang digelar Radio Suzana Surabaya, Amang juga pernah berkolaborasi dengan musisi jazz Bobby Chan (sebelum meninggal) dalam sebuah konsernya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter