Dinkes: 92 Orang Kontak Sama Santri Ponpes Gontor yang Positif Corona

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Ilustrasi/Republika

jatimnow.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ponorogo turun ke lokasi untuk melakukan tracing terkait satu santri Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor 2 terkonfirmasi positif Virus Corona atau Covid-19.

Kepala Dinkes Kabupaten Ponorogo, drg Rahayu Kusdarini mengatakan pihaknya turun ke lapangan dan dari hasil tracing ada 92 orang yang berinteraksi dengan santri itu.

Baca juga: 

"92 orang itu ada teman se asrama dan ada teman yang sekelas. Juga ada pengasuh maupun pengajar di pondok," katanya, Selasa (7/7/2020).

Dari 92 orang itu, 24 orang akan dilakukan test PCR atau swab sedangkan 68 lainnya akan dilakukan rapid test. Menurutnya, ke 24 orang itu dinilai berhubungan erat dengan santri.

"Yang 68 orang interaksinya tidak seintens seperti yang 24," terang dia.

Ia menyebut untuk swab akan dilakukan Rabu (8/7/2020) besok, sedangkan rapid test dilakukan nanti malam. Jika dari hasil rapid test hasilnya reaktif maka akan dilakukan swab. Jika non reaktif, diwajibkan melakukan isolasi secara mandiri di areal pondok.

Sementara itu, Sekda Ponorogo Agus Pramono mengungkap sebelum ada yang terkonfirmasi santri positif Covid-19, ada 11 penghuni Pondok Gontor 2 melakukan rapid test karena akan berangkat ke Kendari Sulawesi Tenggara. Namun dari hasil rapid test, ke 11 orang itu hasilnya reaktif dan mereka tidak bisa berangkat.

"Karena reaktif akhirnya ndak bisa berangkat. Kami juga tidak bisa mengeluarkan surat untuk bebas dari Corona karena hasilnya reaktif," kata Agus Pramono.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter