Pixel Code jatimnow.com

11 Santri Positif Corona, Pemkab Sepakati 5 Poin dengan Ponpes Gontor

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Mita Kusuma
Bupati Ipong Muchlissoni
Bupati Ipong Muchlissoni

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo dan pihak Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor menyepakati lima poin untuk bersama-sama mencegah penyebaran Virus Corona di Bumi Reog.

"Ini kami sudah ketemu dengan pihak Gontor. Ada 5 poin kami sepakati," kata Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, Kamis (9/7/2020).

Baca juga:

Point pertama, kata dia, melakukan rapid test besar-besaran. Ada 1.798 penghuni Pondok Gontor yang akan dilakukan rapid test.

"Semuanya mulai santri, pengasuh, pengurus hingga tukang masak. Hari ini ada 300 kami rapid dan besok 500 orang. Nanti terus dilakukan," ujar dia.

Kedua, proses kegiatan belajar dan mengajar (KBM) di slow down bagi yang tidak melakukan isolasi. Dicontohkannya, misal dalam sehari ada 6 pelajaran dijadikan menjadi tiga. Juga di kelas yang biasa ada 38 santri belajar hanya berisi separuh.

Baca juga:
Perjuangan 3 Santri asal Jombang Hadiri Resepsi Puncak 1 Abad NU di Sidoarjo

Ketiga, Ipong meminta pihak Gontor untuk memperketat lagi. Misalnya juru masak yang jumlahnya 10 orang tidak untuk keluar masuk lingkungan pondok lagi.

Keempat, pondok menyiapkan wisma di Gontor pusat yang berada di Desa Gontor, Kecamatan Mlarak agar sewaktu-waktu kasus Covid-19 bertambah maka bisa digunakan.

Dan kelima, seluruh ruang isolasi yang di desa bisa digunakan. Ipong mengaku sudah memerintahkan untuk membersihkan ruangan yang sudah ada.

Baca juga:
Santri Bakar Teman hingga Meninggal Divonis Lima Tahun

"Di luar itu, pemkab melalui sekda menambah jumlah kamar perawatan pasien jadi 100. Kalau kemarin baru 50. walau pun dengan standar yang tidak ideal," lanjutnya.