Bermanfaat untuk Kesehatan, Cabai Hijau di PIOS Dipasok dari Madura

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Pedagang cabai hijau di PIOS

jatimnow.com - Cabai hijau menjadi salah satu komoditi yang tak bisa ditinggalkan bagi para pelaku bisnis kuliner untuk dijadikan bumbu masakan.

Salah satu pedagang cabai di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS), Suwarno mengatakan dirinya menyediakan stok cabai hijau segar dari Madura untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan pemilik rumah makan.

"Lapak saya dikenal sebagai penyedia aneka macam cabai. Jadi cabai hijau wajib ada di lapak saya agar pelanggan yang membutuhkan tidak kecewa. Kalau pasokan cabai hijau lebih banyak dari daerah Madura. Kalau cabai rawit dari Tuban, sedang cabai merah dari Malang," kata Suwarno, Senin (13/7/2020).

Pedagang asli Kecamatan Kedamean Gresik itu menambahkan jika cabai hijau selama ini lebih banyak dicari pelanggan untuk dimanfaatkan sebagai bahan membuat masakan oseng-oseng tempe, tumis teri tempe, tumis ikan asin, sambal masakan padang serta masakan bersantan lainnya.

"Cabai hijau ini memang tidak pedas, tapi fungsinya memang sebagai penyedap masakan. Karena itu masakan tertentu jadi kurang pas kalau tidak ditambahkan cabai hijau," tambahnya.

Meski rasa cabai hijau tidak sepedas cabai rawit maupun cabai merah. Namun cabai hijau memiliki banyak manfaat karena mengandung antioksidan.

Selain dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker, cabai hijau dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C, meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi gula darah, meningkatkan sistem pencernaan dan memperbaiki suasana hati serta menambah asupan cadangan zat besi.

Untuk saat ini, harga jual cabai hijau di lapak miliknya berada di kisaran Rp 10 ribu per kilogram.

"Kalau penjualan cabai hijau di lapak saya rata-rata per hari di atas dua kuintal," ujarnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter