Penghancuran Massal Kijing Kuburan di Ponorogo

Editor: / Reporter: Mita Kusuma

Puing-puing kijing setelah dibongkar/Mita Kusuma

jatimnow.com - Pembongkaran kijing di Pemakaman Asem Buntung, Ponorogo, oleh pihak kelurahan masih menimbulkan pro kontra, Kamis (1/3/2018).

Pasalnya makam yang terletak di Jalan MT Haryono, Kelurahan Mangkujayan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo terus didatangi masyarakat yang penasaran mendengar penghancuran kijing-kijing makam tersebut.

Kebanyakan mereka yang datang mengeluhkan tidak ada sosialisasi dari pihak kelurahan. Beberapa diantaranya terlihat menangis menyaksikan kijing di makam kerabatnya telah hancur.

"Tidak ada sosialisasi dari kelurahan. Saya tahunya juga kemarin malam. Itupun bukan karena sosialiasi," kata salah satu warga yang mengaku bernama Peni.

Warga Jalan Sriwijaya ini mengatakan, mengetahui kabar itu dari suaminya. "suami saya lewat saat kerja. Kok makam dibongkar. Saya ingin membuktikan ini," katanya.

Dia berharap, kondisi makam bisa dikembalikan seperti semula karena banyak anggota keluarganya yang dimakamkan di Makam Asem Buntung.

Sementara, Lurah Mangkujayan, Arwangi, bersikukuh sudah ada persetujuan RT untuk pembongkaran untuk menyiasati penyempitan lahan makam.

Menurut dia, RT di Kelurahan Mangkujayan, Jingglong dan Tambakbayan juga sudah mendapat pemberitahuan.

"Saya sudah memberi sosialisasi kok. Dan semua setuju. Sudah sepakat. Jika tidak ditata akan semrawut," bebernya.

Dia menyakinkan, bahwa kijing makam yang dibongkar untuk menjadikan area pemakaman lebih rapi. Dan jalan akan lebih luas. Sehingga akan bisa menampung lebih banyak.

"Sudah terlalu sesak. Jalan juga akan lebar. Paling perlu waktu sampai satu bulan," pungkasnya.

Reporter: Mita Kusuma

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter