Wilayah Terdampak Kekeringan di Ponorogo Jadi Tiga Desa

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Petugas BPBD Ponorogo mendistribusikan air bersih ke desa terdampak kekeringan

jatimnow.com - Kekeringan di Kabupaten Ponorogo saat ini melanda tiga desa. Selain Desa Pandak, Kecamatan Balong dan Desa Duri, Kecamatan Slahung, kekeringan juga melanda Desa Ngendut, Kecamatan Balong.

"Total sudah ada tiga desa yang meminta kiriman air bersih," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Setyo Budiono, Rabu (12/8/2020).

Menurut Budi, sumber air di tiga desa itu mengering. Sedangkan sumber air yang masih bisa dipakai, jauh dari pemukiman.

"BPBD mengirim air bersih dua kali dalam sepekan dengan sekali kirim bervolume 6000 liter," jelasnya.

Namun khusus untuk Desa Ngendut, sementara hanya satu minggu sekali dengan volume pengiriman 6000 liter.

BPBD juga mulai menyiapkan upaya antisipasi bencana kekeringan dengan melihat data kekeringan Tahun 2019 yang mencapai 47 titik tersebar di 10 kecamatan.

Di beberapa titik, Tahun 2019 lalu juga disediakan tampungan air sementara yang terbuat dari terpal. Gunanya jika ada distribusi air, warga tidak perlu antre lama.

"Untuk itu pada Tahun 2020 kita siapkan armada maupun sarana lainnya untuk mencukupi kebutuhan air yang ada di wilayah tersebut," pungkas Budi.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter