Pedagang PIOS Borong Buah Nanas dari Kediri dan Blitar

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Buah nanas dari Kediri dan Blitar di PIOS

jatimnow.com - Kurangnya pasokan buah nanas dari luar Pulau Jawa seperti dari Kalimantan Timur maupun dari Nusa Tenggara Barat, membuat para pedagang Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) memborong dari petani lokal Jawa Timur.

Para pedagang di pasar induk yang berlokasi di Benowo Surabaya itu memborong buah nanas dari para petani di Pare Kediri dan Blitar untuk menjamin ketersediaan buah yang kaya Vitamin C itu.

"Setelah beberapa hari kosong, lapak saya kini sudah terisi buah nanas lagi. Kali ini pasokan nanas saya dapatkan dari petani Pare dan Blitar. Kalau jenisnya nanas hijau," kata pedagang buah di PIOS, Mujiono, Jumat (14/8/2020).

Buah nanas yang didatangkan juga masih terlihat sangat segar karena memang baru saja dipanen dari kebun. Selain itu menurut Mujiono, kualitas buah nanas dari Pare dan Blitar juga tidak kalah dengan yang berasal dari luar Jawa.

"Saya jamin kondisinya fresh. Sedang untuk rasa juga tak kalah dari nanas asal Kalimantan dan Bima," ucapnya.

Pedagang buah asli Malang tersebut mengungkapkan jika dirinya baru saja mendatangkan 5 ton nanas yang dikirim menggunakan 2 mobil pikap.

"Kapasitas mobil pikap sekitar 2,5 ton," ujarnya.

Di lapak miliknya yang terletak di Blok B, buah nanas kemudian dipilih dan dipisahkan sesuai ukuran. Maklum untuk penjualan buah nanas dihitung per buah bukan per kilogram.

Mujiono lantas membagi nanas menjadi 3 kategori dimana untuk kategori paling besar dihargai Rp 6 ribu. Untuk kategori sedang Rp 5 ribu, sementara yang kecil dibanderol Rp 4 ribu.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter