Puluhan Rumah di Kabupaten Malang Rusak Akibat Puting Beliung

Sejumlah personel TNI, Polri membantu warga membenahi rumah yang rusak akibat puting beliung

jatimnow.com - Puluhan rumah di dua kecamatan di Kabupaten Malang rusak akibat puting beliung. Dua wilayah terdampak yaitu Kecamatan Singosari dan Karangploso.

Danramil Singosari Kapten Abdul Kadir menyebut, hujan deras disertai angin kencang itu terjadi sekitar pukul 16.00 Wib, Minggu (16/8/2020). Selain rumah, angin juga merusak beberapa fasilitas umum.

Loading...

"Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, DLH, Damkar, Tagana serta masyarakat langsung bergotong royong melakukan evakuasi di seluruh lokasi terdampak. Selain rumah dan mushola, beberapa pohon juga tumbang," jelas Kapten Abdul, Minggu malam.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo Setiono menjelaskan, di wilayah Kecamatan Singosari ada 85 rumah warga rusak, yang berada di Desa Langlang. Lalu di wilayah Kecamatan Karangploso, dari pendataan sementaar ada 17 rumah rusak.

"Selain rumah dan fasilitas umum seperti mushola. Rata-rata kerusakan terjadi pada atap dan genting karena terkena angin. Listrik pun sebagian padam, sekarang masih pembenahan. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan skala kecil dan sedang," tegas Bagyo, Senin (17/8/2020).

Menurutnya, BPBD Kabupaten Malang bersama muspika setempat melakukan pembenahan rumah warga terdampak. Dari pendataan, tidak ada warga yang mengungsi. Beberapa bantuan akan disatukan hari ini, mulai dari terpal plastik hingga makanan.

"Kami juga dibantu oleh masyarakat yang kompak saling bahu membahu, baik dalam pemenuhan makanan dan juga melakukan pembenahan rumah sementara. Nanti dari Pemkab Malang ada penyaluran bantuan sembako, kemudian makanan siap saji. Paket family kids kemudian bantuan material terpal," tambahnya.

Berita Terkait