Pixel Code jatimnow.com

Cerita di Balik Penangkapan Jenglot oleh Warga Desa Licin Banyuwangi

Editor : Narendra Bakrie   Reporter : Hafiluddin Ahmad
Perangkat ritual warga saat menangkap jenglot
Perangkat ritual warga saat menangkap jenglot

jatimnow.com - Video penangkapan jenglot di Desa/Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi membuat heboh warga. Istighosah jadi pengiring penangkapan jenglot tersebut.

"Penangkapan mahluk itu (jenglot) dengan istighosah yang dilakukan beberapa warga kami," ungkap Kepada Desa Licin, Akhmad Sugiono, Rabu (19/8/2020).

Sugiono menjelaskan, penangkapan jenglot itu dilakukan warga pada 14 Agustus 2020. Jenglot ditangkap melalui sebuah prosesi ritual menanggapi keresahan dari beberapa warga Desa Licin yang kerap kehilangan uang.

Baca juga:  Heboh Video Penangkapan Jenglot di Desa Licin, Banyuwangi

"Akhirnya mereka berinisiatif menggelar istighosah bersama-sama dengan mengundang seorang ustaz dari luar Banyuwangi," paparnya.

Baca juga:
Bajra Nuklir Sejahcerah, Dekonstruksi Makna Gendruwo pada Pameran Nandur Srawung #10 Yogyakarta

Sugiono mengaku mendapatkan informasi tersebut dari salah satu anggota Polsek Licin. Lalu bersama dengan beberapa perangkat desa, dia turut memantau kegiatan istighosah tersebut.

"Akhirnya saya bersama sejumlah perangkat desa memantau kegiatan tersebut untuk memastikan masyarakat tetap tenang dan kondusif," tambahnya.

Baca juga:
Kakek di Bojonegoro Dilaporkan Hilang Sudah Ditemukan, Diajak Makhluk Halus?

Menurutnya, pemantauan dilakukan untuk memastikan agar warganya yang mengikuti istighosah mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Kegiatan istighosah ini sebenarnya bagus. Tapi tetap harus melaksanakan protokol kesehatan. Dan yang kami jaga, jangan sampai kegiatan tersebut berujung adanya justifikasi atau tuduhan yang berakibat terjadinya benturan atau kegaduhan di masyarakat," tegasnya.

Mas Dhito Berangkatkan Kediri Dholo KOM 2024 dari SLG
Olah Raga

Mas Dhito Berangkatkan Kediri Dholo KOM 2024 dari SLG

Kediri Dholo KOM 2024 diikuti 520 cyclist dari Indonesia dan mancanegara. Mereka melintasi berbagai pemandangan indah dan menantang di wilayah Kediri, termasuk tanjakan ikonik kelok 9 dan gigi 1.