jatimnow.com
Pemkot Batu Diminta Prioritaskan Pemulihan Ekonomi dalam PAK 2020

Aktivitas ekonomi masyarakat di Pasar Besar Kota Batu

jatimnow.com - Pemulihan ekonomi masyarakat menjadi pesan penting DPRD Kota Batu dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2020. Pemkot diminta memprioritaskan setiap kebijakan atau program di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendorong hal itu.

Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi mengatakan, kebijakan eksekutif harus menitikberatkan pada pemulihan ekonomi masyarakat agar lekas membaik, sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa kembali meningkat.

"Semua fraksi harus sepakat agar kebijakan P-APBD Tahun 2020 bisa mendorong peningkatan ekonomi. Sasaran utamanya yaitu ekonomi makro daerah," tegas Asmadi, Rabu (19/8/2020).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Menurutnya, prioritas belanja daerah harus fokus pada sektor yang bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya pariwisata, pertanian, UMKM dan investasi.

Dengan prioritas belanja pada beberapa sektor tersebut, lanjutnya, maka diprediksi mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan PAD, terutama pada triwulan III dan IV. Sebab selama triwulan I dan II, Pemkot Batu dan seluruh daerah mengalami keterpurukan ekonomi.

"Tapi sesuai data yang ada, pertumbuhan ekonomi masih positif dan berkutat pada kisaran angka dua hingga tiga persen dibandingkan perekonomian secara nasional yang lesu minus 5,23 persen," terang Politisi PDI Perjuangan ini.

Hal itu menjadi modal berharga bagi Kota Batu agar di sisa triwulan selanjutnya bisa ditingkatkan kembali, untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara Wakil I DPRD Kota Batu Nurochman menambahkan, program yang harus terlaksana yaitu program jaminan sosial, keagamaan, kesehatan, ketenagakerjaan, pendidikan, pertanian, pariwisata dan infrastruktur.

Jadi selain program yang berpijak ke masyarakat, semua elemen masyarakat juga harus mendukung peningkatan ekonomi.

"Dukungan yang bisa dilakukan masyarakat yaitu penerapan protokol kesehatan ketat baik di tempat usaha atau pusat keramaian. Baik usaha di tingkat mikro maupun di yang berskala besar seperti perhotelan dan destinasi wisata," sambung Ketua DPC PKB Kota Batu ini.

Loading...

Nurrochman juga menyebut bahwa pemulihan ekonomi sangat vital karena butuh sinergitas semua elemen. Selain ekonomi, pemerintah harus tetap fokus dalam program penguatan kesehatan masyarakat.

"Mengingat Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih belum berakhir," tutupnya.

Berita Terkait