Padang Savana Terbakar, Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Ditutup

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Proses pemadaman padang savana seluas 5 hektar di Gunung Penanggungan yang terbakar

jatimnow.com - Jalur pendakian di Gunung Penanggungan ditutup setelah padang savana seluas 5 hektar di lereng gunung itu hangus terbakar. Kebakaran terjadi diduga akibat ulah pendaki.

"Para pendaki yang ada di atas gunung kita suruh turun semua dan per jam 09.00 sampai 10.00 Wib tadi Gunung Penanggungan kosong dari pendaki," jelas Asper BKPH Penanggungan, Agung Wibowo, Senin (24/8/2020).

Agung menambahkan bahwa jalur pendakian Gunung Penanggungan ada empat pos perizinan dan semuanya sudah ditutup. Keempatnya yaitu Pos Tamiajeng, Pos Kedung Ngudi, Pos Jolotundo dan Pos Pendakian Jalur Telogo (PJT) yang semuanya berada di Kabupaten Mojokerto.

Baca juga:  Lima Hektar Padang Savana di Gunung Penanggungan Hangus Terbakar

Terkait rencana pembukaan kembali jalur pendakian, Agung menyampaikan bila hal itu akan dievaluasi, menunggu suasana kondusif pascakebakaran.

"Kita menunggu suasana kondusif dulu, kita lihat satu atau dua hari kalau memang kondusif, insyaAllah kita buka lagi," tegasnya.

Kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 01.30 Wib, Senin (24/8/2020) dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 06.15 Wib.

Proses pemadaman melibatkan tim gabungan sebanyak 59 orang, mulai dari petugas Perhutani, BPCB Trowulan, Polsek Trawas, Koramil Trawas, Relawan Macan Putih hingga pendaki Kedungudi dan pendaki Tamiajeng.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter