Lima Hektar Padang Savana di Gunung Penanggungan Hangus Terbakar

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Petugas gabungan berhasil memadamkan api yang membakar 5 hektar padang savana di Gunung Penanggungan

jatimnow.com - Padang savana di Gunung Penanggungan terbakar seluas 5 hektar. Titik kebakaran masuk wilayah administratif Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Asper BKPH Penanggungan, Agung Wibowo mengatakan, kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 01.30 Wib, Senin (24/8/2020) dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 06.15 Wib.

"Yang terbakar hanya padang savana, tidak ada pohon. Luasnya sekitar lima hektar. Kondisi saat ini sudah padam sejak pukul 06.10 Wib tadi," jelas Agung.

Petugas gabungan berusaha memadamkan api yang membakar 5 hektar padang savana di Gunung PenanggunganPetugas gabungan berusaha memadamkan api yang membakar 5 hektar padang savana di Gunung Penanggungan

Menurut Agung, proses pemadaman melibatkan tim gabungan sebanyak 59 orang, mulai dari petugas Perhutani, BPCB Trowulan, Polsek Trawas, Koramil Trawas, Relawan Macan Putih hingga pendaki Kedungudi dan pendaki Tamiajeng.

"Pemadaman menggunakan alat manual, dengan gepyok menggunakan ranting basah dan sabit," terangnya.

Dari pengakuan beberapa saksi, api diduga muncul dari sisa bakaran api para pendaki yang tidak bertanggungjawab.

"Diduga ada pendaki yang menyalakan api, kemudian ditinggal. Kalau sesuai SOP, sudah kita tidak perbolehkan itu bakar-bakar di atas. Sebelum mereka mendaki juga sudah kita beri arahan sesuai SOP," tambahnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter