Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Penanggungan Masih Belum Teratasi

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Khilmi Sabikhisma Jane

Kepulan asap masih tampak di lereng Gunung Penanggungan via Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

jatimnow.com – Kebakaran hutan di lereng Gunung Penanggungan hingga saat ini belum teratasi. Walaupun sempat berhasil dipadamkan, namun pada Kamis, (11/10/2018) kepulan asap masih tampak di lereng Gunung Penanggungan.

Nur Aini, relawan yang tergabung dalam SAR Penanggungan mengatakan, api yang membakar lereng Gunung Penanggungan tepatnya di kawasan Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto kembali terbakar.

“Kemarin, Rabu (10/11/2018), api sudah sempat padam, tapi kembali terbakar. Asap masih terlihat sampai sekarang,” kata Nur Aini, Kamis (11/10/2018).

Kebakaran di gunung yang dianggap suci ummat Hindu ini kembali terjadi lantaran banyak padang ilalang yang kering di lereng Gunung Penanggungan. Selain itu, cuaca panas dan hembusan angin cukup kencang.

“Karena cuacanya kan panas, angin kalau siang juga kencang sekali. Karena itu mungkin api kembali menyala,” imbuhnya.

Untuk menangani kebakaran hutan di gunung yang juga disebut Gunung Pawitra ini, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat dan para relawan serta instansi terkait, bersinergi dan tetap siaga untuk memadamkan kebakaran hutan di Gunung Penanggungan.

“Kami (relawan), masyarakat, petugas Perhutani, serta instansi lainnya terus siaga. Jika memang kebakaran terjadi lagi, kami kembali naik untuk memadamkan api,” terangnya.

Nur Aini menambahkan, sesuai kesepakatan bersama antara LMDH dan relawan SAR Penanggungan, jalur pendakian ke Puncak Pawitra masih ditutup hingga saat ini. Penutupan jalur pendakian ini akan berlangsung hingga situasi sudah dinyatakan aman.



 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter