Pasien Konfirm Covid-19 di Banyuwangi Bertambah 100 Orang

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Peta sebaran Covid-19 di Banyuwangi per 28 Agustus 2020

jatimnow.com - Kasus konfirmasi Covid-19 di Banyuwangi bertambah 100 pasien, tercatat per Jumat (28/8/2020). Dari jumlah itu, 89 di antaranya berasal dari klaster pesantren.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, total pasien konfirm Covid-19 saat ini adalah 341 pasien. Dari jumlah itu, 84 di antaranya sembuh dan 9 orang meninggal.

Rio-sapaan akrab Widji Lestariono menyebut, penanganan Covid-19 di pesantren menjadi perhatian utama gugus tugas. Sejak laporan pertama, timnya terus melakukan penanganan bersama Kementerian Kesehatan, Pemprov Jatim, Pemkab Banyuwangi dan jajaran TNI-Polri.

Bahkan sejak tiga hari lalu telah dibangun rumah sakit mini untuk percepatan penanganan para santri. Rumah sakit mini itu juga telah dilengkapi sarana pemeriksaan lengkap hingga tim medis untuk menunjang proses pemeriksaan.

"Setiap hari ada dokter dan perawat yang berjaga di sana. Tentu dengan mengunakan alat pelindung diri (APD) untuk menjaga keselamatan mereka," terang Rio.

Kini, petugas secara masif merekam perkembangan jumlah pasien. Penanganan dan tracing gencar dilakukan. Uji swab telah dilakukan ke lebih dari 700 santri untuk memutus rantai penularan.

"Setiap hari kami lakukan tracing, pengambilan swab di lokasi pondok sudah kami lakukan tiga kali. Memang konsekuensinya berat, karena pasti akan ada penambahan kasus dalam skala besar. Namun, atas nama kesehatan, santri yang terpapar harus segera diketahui untuk menjamin serta menjaga kesehatan mereka. Doakan semoga semua segera pulih," tandas Rio.

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter