27 ASN Kota Batu Berebut 5 Posisi Kepala OPD

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Galih Rakasiwi

Balai Kota Among Tani

jatimnow.com - Pemkot Batu melakukan seleksi terbuka atau lelang jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) eselon II di 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Total ada 27 ASN mengikuti seleksi uji kompetensi bidang.

Seleksi terbuka JPTP ini untuk mencari 5 kursi kepala OPD. Meliputi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Kepala Satpol PP, Kepala DPMPTSP dan Naker, serta Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik.

Kepala BKPSDM Kota Batu, Siswanto menjelaskan, dari 27 pendaftar yang lulus seleksi administrasi didominasi oleh sekretaris dan kepala bidang.

"Sekarang ada seleksi uji ide gagasan di depan para penguji. Total ada 27 pendaftar. Untuk penguji pemkot bekerjasama dengan Pemprov Jatim dan akademisi. Perwakilan Pemkot Batu juga ada," terang Siswanto, Senin (7/9/2020).

Mereka diwajibkan memaparkan semua program. Fungi pemaparan itu, penguji bisa menilai apakah mereka bisa menyusun rencana program dan cara aplikasi program tersebut.

"Banyak fungsi dari pemaparan itu, penguji bisa melihat apakah peserta bisa memanajemen SDM dengan profesional," ujar dia.

Untuk latar belakang pendidikan, tambah Siswanto akan disesuaikan dengan jabatan OPD yang dilamar. Dari tahapan ini peserta telah mengikuti tes kesehatan di RS Karsa Husada dan besok Rabu (9/9/2020) mereka akan mengikuti tes kejiwaan di RS Lawang.

"Baru nanti tahapan selanjutnya peserta mengikuti assessment di BKD Provinsi Jawa Timur. Dari semua nanti akan ada 3 nama yang dipilih tiap OPD yang dilelang. Baru kepala daerah yang memilih dan dimintakan rekom ke KASN bahwa rekuruitmen telah melalui aturan yang berlaku," terang dia.

Sementara untuk beberapa nama peserta pelamar seperti Alfi Nurhidayat yang saat ini menjabat Sekretaris DPUPR, Bangun Yulianto sebagai Sekretaris DPKPP, Endro Wahyudi selaku Kabid Perumahan dan Permukiman, M. Nur Adhim selaku Sekretaris Satpol PP, Hendri Suseno sebagai Sekretaris Dinas Pertanian dan beberapa lainnya.

Dari 27 peserta, jabatan Kepala OPD yang paling diminati adalah Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik dengan tujuh pelamar, Kepala DLH ada enam orang, Kepala Satpol PP dan Kepala DPMPTSP dan Naker masing-masing lima orang, dan Kepala DPUPR sebanyak empat pelamar.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter