Kadin Kota Batu Petakan Potensi Ekonomi Desa dan Kelurahan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Galih Rakasiwi

Kadin Kota Batu petakan potensi ekonomi desa dan kelurahan

jatimnow.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batu akan memetakan potensi ekonomi di setiap desa dan kelurahan. Hal ini menjadi program utama dalam peringatan 52 tahun Kadin Indonesia dan refleksi satu tahun berdirinya Kadin Kota Batu.

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Kota Batu, Suryo Widodo mengatakan, pemetaan potensi dilakukan sebagai dasar penguatan ekonomi. Sehingga nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi terlebih masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang.

"Kami akan membangun ekonomi Kota Batu dengan mulai memetakan dasar potensi ekonomi yang ada di setiap desa dan kelurahan. Kami memetakan kualifikasi pelaku-pelaku usaha yang ada. Targetnya sekecil apapun potensi dan unggulan ekonomi bakal kita bantu, baik dari segi permodalan, pemasaran dan pengembangan," kata Suryo, Kamis (24/9/2020).

Menurut Suryo, dengan mengetahui potensi yang ada, maka Kadin bisa membantu memfasilitasi untuk pengembangannya. Termasuk juga menciptakan pelaku usaha baru yang belum ada yang berpotensi besar di wilayah tersebut.

Kadin juga menargetkan ekonomi Kota Batu bisa segera bangkit dan terus tumbuh sehingga dampak jangka panjangnya bisa dirasakan dan menyejahterakan masyarakat. Baik dari pertanian hingga peluang wisata.

"Karena Kadin kan sektornya di bidang ekonomi. Bagaimana produk bisa diciptakan, bisa diperjualbelikan menjadi nilai ekonomi baik di pasar lokal, nasional apalagi bisa menembus pasar global. Karena Kadin merupakan organisasi resmi yang ada di semua negara," paparnya.

Suryo menyebut, untuk mewujudkan itu, Kadin Kota Batu akan menjalin kerjasama dengan Kadin di tingkat kota dan kabupaten, bahkan luar negeri. Agar program bisa berjalan secara sinergi.

"Perlu soliditas kelembagaan yaitu kadin dari mulai Kota Batu ke atas secara nasional. Juga soliditas kelembagaan hubungan dari atas ke kabupaten kota," tambahnya.

Sementara Ketua Kadin Kota Batu, Endro Wahyu Wijoyono menambahkan, untuk membantu permodalan, pihaknya bakal melaunching Koperasi Mikawa. Harapannya koperasi ini bisa menjamin permodalan pelaku usaha kecil.

"Nanti koperasi ini bisa membantu pelaku usaha untuk mengembangkan usaha dan potensinya. Bukan hanya anggota saja, tapi semua masyarakat Kota Batu. Tentunya dengan bunga sangat rendah," tutupnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter