Pilwali Surabaya 2020

Machfud Arifin: Surabaya Harus Ada Wisata Sejarah dan Bermanfaat

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Machfud Arifin ziarah ke makam WR Soepratman

jatimnow.com - Banyak situs dan makam yang bernilai sejarah di kota Pahlawan. Calon Wali Kota Surabaya Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin berharap ada penataan yang lebih rapi dan membuat nyaman pengunjung wisata sejarah.

Pada Sabtu (26/9), cawali yang diusung 8 koalisi partai, PKB, PAN, Gerindra, Demokrat, PPP, NasDem, Golkar dan PKS ini ziarah ke Makam Wage Rudolf Soepratman (WR Soepratman) di Jalan Kenjeran, Rangkah, Surabaya.

"Ini makam WR Soepratman, pencipta Lagu Indonesia Raya. Di event-event kegiatan pemerintahan diawali lagu ini. Di event-event olahraga atlet berharap juara mendapat medali emas, dan Indonesia Raya berkumandang," ujar Machfud Arifin.

"Dengan Lagu Indonesia Raya, dapat mempersatu dan rasa kebanggaan akan bangkit di event-event internasional," tambahnya.

Komplek makam WR Soepratman sudah bagus. Namun, kata Machfud, perlu fasilitas penunjang seperti lahan parkir kendaraan dan suasana bersih dan nyaman, tidak berdekatan dengan tempat pembuangan sampah sementara.

"Ya memang sempit lahannya mau diapakan lagi. Opo maneh sa mene tok. (Apalagi hanya sekian saja)," katanya sambil menunjuk pelataran komplek makam WR Soepratman.

Sambil melihat sekeliling komplek makam, Machfud melihat ada tempat pembuangan sampah sementara.

"Itu ada tempat pembuangan sampah. Ya nanti diatur lah tempat parkirnya dan bagaimana nanti ini menjadi tempat wisata sejarah serta dapat menggerakan roda perekonomian warga," jelasnya.

Banyak makam yang memiliki nilai sejarah seperti Makam Sunan Ampel, Makam Sunan Bungkul, Makam Mbah Karimah, Makam Mbah Sumbo. Juga ada tempat-tempat bersejarah lainnya seperti Langgar Gipo di dekat kawasan Ampel, Surabaya utara.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter