Pilwali Surabaya 2020

KPU Surabaya Gelar Deklarasi Kampanye Damai, Eri Cahyadi Tak Hadir

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois Zain Ahmad

Deklarasi damai yang digelar KPU Surabaya di Hotel Singgasana

jatimnow.com - Calon Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi tidak hadir dalam deklarasi kampanye damai yang digelar KPU Kota Surabaya di Hotel Singgasana Surabaya, Sabtu (26/9/2020). Dalam acara itu hanya dihadiri wakilnya, Armudji.

Kemarin, Eri juga tidak menghadiri deklarasi damai yang digelar Bawaslu Kota Surabaya di Hotel Majapahit. Begitu juga wakilnya, Armudji.

Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Surabaya telah menyiapkan deklarasi kampanye damai yang harusnya diikuti oleh kedua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya tahun 2020.

Sementara paslon Machfud Arifin-Mujiaman hadir, begitu juga dalam acara deklarasi damai yang digelar Bawaslu Kota Surabaya kemarin (25/9).

Kepada wartawan, Armudji menyampaikan bahwa Eri tidak bisa turut serta dalam kegiatan tersebut karena harus mendampingi saudaranya yang sedang sakit. Armudji pun memohon doa kepada peserta acara agar saudara dari Eri Cahyadi diberikan kesembuhan.

"Beliau harus mengantarkan saudaranya masuk ke rumah sakit. Kita doakan mudah-mudahan segara sembuh,” kata Armudji saat memberikan pidato sambutan.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi menjelaskan, deklarasi damai dalam rangka mengajak kepada peserta tetap mengutamakan kondusifitas, keamanan dan kedamaian selama proses kampanye. Juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Deklarasi kampanye damai ini juga sekaligus menandai bahwa hari ini tahapan kampanye sudah dimulai.

“Mari kita sama-sama peserta Pilkada agar menjaga kondusifitas. Kami ingatkan pada para pasangan calon maupun timnya mematuhi aturan yang ada sesuai PKPU yang diatur dalam Pemilu ditambah aturan protokol kesehatan Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Calon Wali Kota Surabaya Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin mengatakan dirinya bersama pasangannya Mujiaman Sukirno berkeinginan agar warga Kota Pahlawan lebih makmur. Calon wali kota Surabaya nomor urut 2 ini mengaku tidak ingin kampanye.

"Saya hanya ingin menjaga komitmen asas aturan termasuk deklarasi damai yang dibuat KPU, termasuk kemarin malam. Termasuk peraturan dari Kapolri itu akan saya patuhi," katanya.

Mantan Kapolda Jatim ini menambahkan dirinya hanya ingin menjadi wali kota Surabaya agar kehidupan warganya lebih baik dengan menyediakan lapangan pekerjaan.

"Bagaimana membuka lapangan pekerjaan seratus ribu dalam kurun waktu satu tahun. Kecil buat saya," tuturnya sambil menyebut outsourcing di Kota Surabaya tidak akan dihapus.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter