Rawat Seni Islami, Pemkot Probolinggo Gelar Lomba Hadrah Al-Banjari

Editor: Redaksi / Reporter:

Lomba Hadrah Al Banjari yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo

jatimnow.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo menggelar lomba Hadrah Al-Banjari dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020. Gelaran itu juga dilakukan untuk melestarikan atau merawat seni islami.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo, Mochamad Maskur mengatakan, lomba itu digelar sebagai bagian rangkaian peringatan HSN Tahun 2020.

"Hadrah merupakan kegiatan kesenian yang bernuansa islami yang banyak dimainkan oleh kalangan santri. Sehingga perlu untuk dilestarikan," kata Maskur, Minggu (18/10/2020).

Maskur menambahkan, lomba hadrah itu dibagi dua tahap. Sesi penyisihan dilakukan secara virtual, di mana peserta mengirimkan video karyanya masing-masing. Terdapat 25 grup hadrah di Kota Probolinggo yang mengikutinya.

"Dari jumlah itu panitia memilih 6 besar untuk masuk grand final dan digelar secara langsung di Gedung Puri Mangga Bakti Pemkot Probolinggo untuk memilih para juara," papar Maskur.

Pemenang lomba Hadrah Al Banjari yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota ProbolinggoPemenang lomba Hadrah Al Banjari yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo

Maskur menyebut pelaksanaan grand final digelar di dalam ruangan dengan peserta dibatasi dalam kota saja sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan pencegah Covid-19.

Sementara itu, Samsul Huda salah satu dewan juri menyebut, ada tiga kriteria penilaian terdahap peserta, yaitu vokal, musik dan adab.

"Ketiga unsur tersebut harus benar-benar dikuasai oleh setiap peserta. Sebab ketiganya saling terkait," jelas Samsul.

Menurut Samsul, Hadrah Al-Banjari berbeda dengan hadrah lainnya. Sebab dalam Hadrah Al-Banjari, permainan alat musiknya semuanya dipukul mengunakan tangan.

Terkait dengan lomba ini, Muhammad Annas salah satu anggota peserta mengaku dia bersama kelompoknya sudah melakukan persiapan mental maupun fisik.

"Kami ingin tampil terbaik. Tidak hanya latihan setiap hari, juga kami imbangi dengan menjaga pola makan, minum serta jamu. Agar stamina kita fit saat tampil," ungkapnya.

Annas yang betindak sebagai vokalis hadrah ini mengaku, untuk menjaga suara, dia menghindari makanan pedas. Juga rutin mengonsumsi minuman berbahan jahe.

Berikut daftar juara dalam lomba Hadrah Al-Banjari tersebut:

1. El Muezza Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran sebagai juara 1.
2. Ar Riyas PP Riyadus Sholihin Ketapang sebagai juara 2.
3. Ashabul Mabar Kelurahan Mayangan sebagai juara 3.
4. Al Karomah Jrebeng Kulon, Kecamatan Kedopok sebagai juara harapan 1.
5. Nurul Iman Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran sebagai juara harapan 2
6. Nailil Marom Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan sebagai juara harapan 3. (Adv)

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter