Sosok KH Abdullah Syukri di Mata Ustaz Yusuf Mansur

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Ustaz Yusuf Mansur di Ponpes Modern Darussalam Gontor, Ponorogo

jatimnow.com - Dari ribuan pelayat yang datang di pemakaman KH Abdullah Syukri Zarkasyi, tampak Ustaz Yusuf Mansur. Dia mengikuti salat jenazah dan mengikuti proses pemakaman di kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor, Ponorogo.

"KH Syukri adalah sosok yang lebih dari sekadar guru dan ustaz. Namun juga ayah bagi para santri. Termasuk bagi saya," ungkap Yusuf Mansur, Kamis (22/10/2020).

Apalagi, lanjut dia, yang sudah bersentuhan dengan KH Abdullah Syukri itu sosok yang senang kalau ada santri yang melebihi dari gurunya.

"Saya pernah mendapatkan wejangan dari KH Syukri, jika ada murid yang lebih pintar dan berhasil dari kiainya, maka kiai tersebut berhasil," tuturnya.

Yusuf Mansur menyebut bahwa KH Abdullah Syukri adalah orang yang sangat semangat. Juga membawa kegembiraan serta optimisme saat berbicara.

Baca juga:  

"Orangnya selalu meledak-ledak kalau bicara soal impian dan cita-cita. Subhanallah," lanjutnya.

Menurutnya ada satu kata KH Abdullah Syukri yang sangat membekas dan berkesan diingatan. Yaitu tentang pertolongan Al Quran di alam kubur.

"Kata beliau Al Quran itu setiap huruf kamu baca akan menjelma menjadi malaikat-malaikat Allah di alam kubur. Mereka kelihatan, menyenangkan dan membuat kita tenang," ujarnya.

Dari sisi kepemimpinan, Yusuf Mansur juga banyak belajar dari putra pertama KH Imam Zarkasyi tersebut.

"Dalam menjalankan pondok pesantren, KH Syukri adalah orang yang total dalam mengembangkan pondok pesantren," terangnya.

Dia menilai bahwa KH Abdullah Syukri yakin dan berkomitmen bahwa jangan pernah tangan di bawah. Untuk itu pemberdayaan ekonomi di Gontor luar biasa.

"Ya karena itu. Selalu tangan di atas, baik itu datang dari kekuatan santri maupun alumni," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter