Gunung Lawu Juga Bertopi Awan Berbentuk Angin Puting Beliung

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Gunung Lawu bertopi awan berbentuk angin puting beliung

jatimnow.com - Fenomena awan bertopi tidak hanya terjadi di Gunung Arjuno-Welirang saja. Namun peristiwa alam itu juga berlangsung di Gunung Lawu, Kamis (5/11/2020).

Salah satu warga Magetan, Suradi mengatakan dirinya melihat Gunung Lawu bertopi awan berbentuk angin puting beliung.

"Awannya berbentuk angin puting beliung yang di bagian selatan. Hingga pukul 06:30 Wib, masih bisa kita lihat bentuk awan yang menyerupai angin puting beliung tersebut," ungkap dia

Senada, Mulyono yang berprofesi sebagai pedagang tahu di Pasar Sayur Magetan mengaku melihat penampakan awan berbentuk angin puting beliung dari pukul 05:00 Wib hingga pukul 07:00 Wib.

"Sering kami lihat awan di atas Gunung Lawu menyerupai topi, kadang seperti caping. Kalau hari ini seperti pusaran angin," katanya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Magetan, Ari Budi membenarkan fenomena itu. Menurutnya, itu bersifat momentum atau waktu-waktu tertentu.

"Biasanya ditandai adanya kecepatan angin yang cukup kuat lebih dari beberapa hari di sekitar pegunungan. Jadi bisa membentuk topi," katanya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter