Polisi Ringkus Komplotan Pencuri Kayu Jenis Sonokeling

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Petugas mengamankan kayu sitaan/Foto: Mita Kusuma.

jatimnow.com - Polsek Sawoo meringkus komplotanpencuri kayu atau biasa disebut ilegal logging jenis kayu sonokeling.

Komplotan tersebut adalah Suranto (32) dan Tunjang (44), keduanya warga Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo serta Mujianto (39) warga Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

Aksi ilegal logging mereka berakhir saat mereka menumpuk kayu ilegal logging jenis kayu sonokeling yang ke 11 di pinggir Jalan Raya Trenggalek-Ponorogo, Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo atau di perbatasan Ponorogo-Trenggalek.

"Kami mendapat informasi dari warga bahwa sering ada truk menaruh kayu jenis Sono," kata Kapolsek Sawoo, AKP Edy Suyono kepada jatimnow.com.

Saat dicek kebenarannya, lanjut ia, kebetulan ketiganya sedang menaruh kayu jarahannya. "Yang sadar kami datang itu pelaku yang bertindak sebagai sopir. Orangnya kabur. Tapi sudah terlanjur dikepung," tambah Edy.

Menurut Edy, ketiganya mengaku sengaja menebang kayu sonokeling di petak 136 RPH Sawoo, BKPH Ponorogo Timur, KPH Lawu DS, tanah pangkuan Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo.

"Mereka mengaku menebang kayu sonokeling karena hasilnya menggiurkan. Pasalnya saat ini lagi ramai-ramainya kayu sonokeling," katanya.

Saat ditangkap, didapati 11 batang kayu sonokeling berbagai ukuran. 1 gergaji manual yang digunakan untuk menebang kayu sonokeling.

"Ketiganya diduga menebang, mengangkut, menyimpan dan atau memiliki hasil hutan tanpa dilengkapi dokumen yang sah sebagaimana dimaksud dalam pasal 82 (1) a, b, Pasal 83 (1)a,b Pasal 87 (1) a,b, UU RI NO 18 TAHUN 2013 Tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan," pungkasnya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter