Antisipasi Banjir dan Longsor di Mojokerto, Satu Juta Pohon Ditanam

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Achmad Supriyadi

Penanaman satu juta pohon di Mojokerto

jatimnow.com - Untuk mengantisipasi bencana alam banjir dan tanah longsor, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) menanam satu juta pohon, Minggu (22/11/2020).

Penanaman pohon itu digelar di Desa Nogosari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Pohon yang ditanam yaitu pohon jarak, alpukat, durian dan beberapa jenis pohon lain.

Pejabat Sementara Bupati Mojokerto, Himawan Estu Bagijo mengatakan, penanaman pohon ini merupakan bentuk penghargaan kepada alam.

"Kita harus tetap menjaga alam, ketika kita menanam hari ini artinya kita melengkapi alam ini menjadi sempurna untuk kehidupan kita dan ini akan bermanfaat satu, dua tahun ke depan," ujar Himawan.

Penanaman satu juta pohon di MojokertoPenanaman satu juta pohon di Mojokerto

"Jika lahan ini adalah lahan yang belum produktif, diberi tanaman produktif akan menjadi produktif. Kalau lahan ini rawan bencana, ditanami tanaman supaya terhindar dari bencana. Jika lahan ini serapan air yang belum ada pohon, maka akan menyerap dan bisa menjadi sumber mata air bagi kehidupan," tambahnya.

Sementara Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander menjelaskan, kegiatan ini salah satu memperingati hari pohon sedunia.

"Kegiatan yang akan laksanakan ke depan agar wilayah Kabupaten Mojokerto tetap hijau, sehat, sejuk dan jauh dari bencana," terang Dony.

Alumni Akpol 2000 ini menyebut bahwa kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya mencegah permasalahan bencana alam.

Penanaman satu juta pohon di MojokertoPenanaman satu juta pohon di Mojokerto

"Ini untuk mengantisipasi seperti banjir, longsor dan bencana lain. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Ini perwujudan sinergitas antara tiga pilar, TNI, Polri dan pemerintahan serta juga polisi kehutanan. Pohon yang ditanam ada nilai produktif, setidaknya menjadi energi positif dan bisa menikmati hasil dari tanaman ini," pungkasnya.

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter